Edukasi Pelajar dan Mahasiswa, Biro Kesra Papua Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik

MANOKWARI – Senin (4/12/2023), Pemerintah Papua Barat melalui Biro Kesejahteraan Rakyat menggelar pelatihan Jurnalistik bagi ratusan pelajar dan Mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana membangun pemahaman tentang kinerja pers dan sebagai individu dapat menjadi bijak cermati informasi dan perangi hoax.

Membacakan sambutan tertulis Pj. Gubernur, Asisten II Setda Papua Barat, Melkias Werinusa,SE.,MH menjelaskan peran informasi sangat memberikan pengaruh semua lini kinerja dan perkembangan pembangunan. Selain itu dalam pengambilan kebijakan pemerintah serta penerapannya terhadap publik tidak terlepas dari pemberitaan media.

Disamping itu, dalam demokrasi bangsa gerakan reformasi mengubah sistem pemerintahan sehingga menuntut keterbukaan informasi publik. Tak lupa mengingatkan jelang tahun politik 2024 perlunya kesadaran untuk menyaring informasi secara baik.

“Sebagai kaum yang mengenyam pendidikan, para pelajar dan mahasiswa memiliki peran penting dalam menghadapi situasi meresahkan. Karena itu tidak mudah digiring opini dan kritis menjadi fondasi serta tidak mudah percaya sehingga harus mengecek kebenaran sumber informasi,” Jelasnya.

Kepala Bagian Kesra Non Pelayanan Dasar, Abdul Rasid Uswanas,SE.,MM melaporkan hal yang melatarbelakangi kegiatan ini sebagai bukti dan komitmen pemerintah Papua Barat melalui Biro Kesra berikan dukungan kepada kalangan terpelajar. Selanjutnya untuk mengetahui lebih dalam jurnalistik dan menyikapi setiap informasi dengan bijak.

Para peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 150 orang yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi dan sekolah menengah atas di Manokwari.

“Tujuan pelatihan adalah memberikan edukasi jurnalistik bagi pelajar dan mahasiswa di Provinsi Papua Barat,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment