Pj. Gubernur Ali Baham Dalam Ramah Tama Bersama Pemda Pegaf

PEGUNUNGAN ARFAK-Penjabat Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, MTP, mengikuti acara ramah tama bersama pemerintah daerah kabupaten Pegunungan Arfak ( Pegaf ), usai memimpil Apel di lingkup pemda tersebut.

Dalam arahannya pada kesempatan sialturahmi itu, Pj. Guberbur Ali Baham, mengajak seluruh komponen masyarakat, baik aparat TNI-Polri, ASN, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di kabupaten Pegaf, untuk bersama bahu-membahu memainkan pernanan, yaitu menjaga keamanan dan mensejahterakan masyarakat. Hal ini terutama kata Pj. Gubernur adalah menangangi masalah stunting dan kemiskinan esktrim di wilayah Papua Barat termasuk kabupaten Pegaf.

“Oleh sebab itu, Ibu-ibu teruslah bergerak untuk menangani masalah stunting. Karena ibu-ibu mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatasi stunting. Bekerjalah dengan baik, karena disitu kita sedang menanam untuk menuai. Kita harus lakukan kebaikan di setiap detak jantung. Nilai yang kita bawa dalam tugas dan tanggung jawab kita adalah filosofi rumah kaki seribu,”imbuhnya.

“Masalah yang paling besar itu adalah transportasi. Karena untuk meningkatkan komoditas pertanian yang ada di kabupaten Pegaf. Kita juga sudah harus biasakan memakan makanan lokal,”tambah Pj. Gubernur yang akrab di sapa ABT ini.

Lebih lanjut terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, kata Pj. Gubernur, bahwa pihaknya akan mengakomodir kekurangan pembangunan yang ada di kabupaten Pegaf, untuk dibawa kedalam rencana pembangunan jangka panjang ( RPJP ) maupun rencana pembangunan jangka menengah ( RPJM ) pemprov Papua Barat.

“Menyangkut jalan, jembatan dan infrastruktur lainya, tentunya ada pemerintah pusat tapi juga pemda dan pemprov. Prinsipnya kita dapat menyampaikan ke pemerintah pusat, pekerjaan apa yang belum selesai. Tapi juga kami akan menindaklanhutinya ke ( RPJM ) dan ( RPJP ),”tandasnya.

Sebelumnya, bupati Pegaf, Yosias Saroy, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pj. Gubernur Ali Baham berserta rombongan Forkopimda Papua Barat. Dalam sambutannya, Bupati Yosias kemudian menyampaikan sejumlah kendala yang di hadapi masyarakatnya, teruma masalah jalan jembatan dan infrastruktur pendukung lainnya dalam mmemudahkan masyarakat.

“Kami mempunyai beberapan jalan jembatan yang belum terselesaikan, oleh karena itu, kami berharap melalui kunjungan bapak gubernur ini, bisa melihat kendal-kendala yang ada di daerah kami, ungkapnya.

Ramah tam itu pun di akhiri dengan penyerahan sebuah film yang berjudul dari anak gembala menjadi pemimpin, oleh bupati Pegaf, kepada Pj. Gubernur Papua Barat.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment