Pj. Gubernur Temongmere Tegaskan Realisasi Penyerapan Anggaran APBD OPD

MANOKWARI-Pemerintah provinsi Papua Barat, melakukan rapat antara pimpinan organisasi perangkat daerah ( OPD ) lingkup pemprov Papua Barat bersama penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP. berlangsung pada ruang rapat lantai 3 kantor gubernur, rapat tersebut membahas seputar progres dan capaian kinerja OPD dalam tahun 2023.

Dimana dalam rapat tersebut, masing-masing OPD menyampaikan program pembangunan yang sudah terlaksana terutama dalam penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah ( APBD ) tahun 2023.

Dalam rapat, setelah mendengar hasil presentase penyerapan anggaran setiap OPD yang rata-rata di atas 50%, penjabat gubernur Temongmere, berharap, dalam kurun waktu singkat hingga 31 desember 2023, seluruh pekerjaan dengan serapan anggaran yang ada di setiap OPD sudah selesai.

“Kami berharap, dalam waktu yang singkat ini, sampai dengan tanggal 31 desember, dipastikan seluruh pekerjaan secara fisik dan keuangan sudah selesai,”ungkap Pj. Gubernur Temongmere.

Mengawali dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) Papua Barat, kemudian pemaparan realisasi anggara oleh seluruh OPD berakhir pada Sekretariat lembaga Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) dan sekretaris Majelis Rakyat Papua ( MRP ) provinsi Papua Barat, dan Rumah Sakit Umum provinsi Papua Barat.

Selain itu, menurut Pj. Gubernur, bahwa realisasi anggaran perlu menjadi pendalaman terhadap pekerjaan fisik maupun belanja modal. Hal yang paling penting kata Pj. Gubernur Temongmere ada penyaluran anggaran yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Kita mendalami lagi, kalau realisasinya sekian persen. Kita haru lihat juga berapa persen anggaran yang diturunkan ke kepada masyarakat,”ungkap Pj. Gubernur Temongmere.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment