Diskominfo Pesat Papua Barat Gelar Rapat Penyusunan Dokumen Arsitektur SPBE

Manokwari- Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat melalui Bidang TIK Seksi Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Terintegrasi, menggelar rapat penyusunan dokumen arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE ) dan Peta Rencana SPBE Provinsi Papua Barat Tahun 2023, yang berlangsung Pada salah satu Hotel di Manokwari, rabu ( 20/09/2023 ).

Penjabat Gubernur Papua Barat, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli bidang Pemerintahan Umum dan Otsus setda Papua Barat, Eduard Toansiba, berharap instansi pusat dan pemerintah daerah diharapkan menerapkan unsur-unsur SPBE sesuai dengan kerangka kerja tata kelola SPBE dan Manajemen SPBE.

“Selepas dengan prinsip terintegrasi dan terpadu maka instansi pusat dan pemerintah daerah diharapkan menerapkan unsur-unsur SPBE sesuai dengan kerangka kerja tata kelola spbe dan manajemen spbe agar penerapan spbe dapat berjalan efektif, efisien dan berkesinambungan serta dapat menghasilkan layanan yg optimal,”ungkap Eduard.

Hal lain yang di sampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Barat Frans P.Istia S.SOS.MM,  yakni, memaksimalkan Kepres No.95 maka penyelenggaraan Pemerintah secara manual dialihkan ke Tata Kelola yang memanfaatkan Teknologi Informasi.

“dengan kita memanfaatkan memaksimalkan kepres 95 ini, maka penyelenggaraan Pemerintah kita bergeser dari pengelolaan yang tadinya secara manual memakan waktu lama, memakan biaya yang besar, kita geser ke tata kelola yang memanfaatkan teknologi Informasi”ungkapnya.

Tidak hanya itu Frans Istia juga menyampaikan, pertemuan ini menjadi bagian untuk melakukan perbaikan Arsitektur dan Peta sehingga evaluasi dapat meningkatkan Great.

“Salah satu yang harus kita diperbaiki adalah arsitektur kita kemudian Peta kita. Untuk itu pertemuan hari ini menjadi sebuah bagian untuk melakukan perbaikan Arsitektur dan Peta maka diakhir tahun nanti pada saat evaluasi great kita akan naik,” tambah Frans Istia.

Sebelumnya, ketua panitia, Asni, dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini merujuk pada Peratutan Presiden No.95 dan No. 18 tahun 2018 tentang SPBE dan  Arsitektur SPBE serta peningkatan Pengetahuan Peserta Penyusunan Dokumen Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE.

“Tujuan Pelaksanaan Kegiatan ialah Percepatan Penerapan Peraturan Presiden No.95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden No.18 tahun 2023 tentang Arsitektur SPBE Nasional dan Meningkatkan Pengetahuan Peserta Penyusunan Dokumen Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE Provinsi Papua Barat”ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pemenuhan kebutuhan data dalam penyusuran dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE provinsi Papua Barat, guna meningkatkan nilai indeks SPBE provinsi Papua Barat tahun-tahun berikutnya.

Penulis : Melisa Tulus

Foto : Fauzan Nurlette

Leave a Comment