Pj. Gubernur Waterpauw Serahkan Bantuan Semen dan Resmikan Bantuan Mesin Air Bersih Di Kabupaten Teluk Bintuni

TELUK BINTUNI-Pemerintah provinsi Papua Barat, melalui dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung provinsi Papua Barat, menyalurkan bantuan bahan bangunan berupa semen, seng termasuk bantuan mesin sumur bor kepada masyarakat kabupaten Teluk Bintuni. Dalam kesempatan yang sama, Pj. Gubernur juga menyerahan bantunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Ahli waris dari aparat kampung. Penyerahan bantuan itu juga dibarengi dengan launching Pembangkit Listrik Tenaga Suraya ( PLTS ) dari dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Monieral Papua Barat, yang ditandai dengan pemyerahan langsung secara simbolis oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, berlangsung pada gedung Gereja Bethel Indonesia, kampung Lama jumat ( 15/09/2023 ).

Penjabat Gubernur Waterpauw, dalam sambutannya mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Hal ini sesuia dengan nawacita presiden RI.

“Kita semua bersandang pada nawacita presiden. Oleh karena itu saya mengajak kita semua yang memiliki semangat serta gairah untuk mendukung program pembangunan. Tugas kita adalah menaati dan membuat solusi. Tugas kita adalah mengawal dan menjalankan kebijakan negara,”ungkap Pj. Gubernur Waterpauw.

Bupati kabupaten Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pj.Gubernur ke daerahnya. Pihaknya mengakui, bahwa pemerintah daerah merasa sangat terbantu dengan bantuan yang berikan pihak pemprov, baik pembangunan sumber daya manusia maupun pembangunan infrastruktur.

“Sesungguhnya kunjungan bapak gubernur adalah kerinduan masyarakat. Terima kasih atas kunjugan bapak gubernur, karena hingga hari ini Bintuni telah mendapat banyak bantuan. Masyarakat tujuh suku tetap mendukung program pemerintah,”ungkap Bupati Kasihiw.

Sementara itu, Plt. kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung provinsi Papua Barat, Legius Wanimbo, S.Pt. MM,  mengatakan, melalui penyerahan bantuan ini bisa mewujudkan peningkatan ekonomi masyatakat kabupaten Teluk Bintuni, agar mampu mengatasi masalah kemiskinan ekstrim dan stunting.

“Hari ini penyerahan bantuan dilakukan dengan maksud memberikan stimulus kepada masyarakat kabupaten Teluk Bintuni,”jelas Legius Wanimbo.

Bantuan berupa semen dan seng disebarkan kepada 23 kepala keluarga penerima manfaat. Sedangkan 17 titik mesin air, tersebar di distrik Bintuni Barat, kabupaten Teluk Bintuni, di resmikan Pj. Gubernur Waterpauw, yang ditandai dengan pengguntingan pita. Penyaluran sejumlah bantuan tersebut didasari dengan amanat UU nomor 2 tahun 2021, tentang Otonomi Khusus.

Turut hadir mendampingi Pj.Gubernur Papua Barat, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pwmprov Papua Barat, staf asisten dan staf ahli setda Papua Barat. Hadir pula bpati dan Wakil bupati kabupaten Teluk Bintuni beserta jajaran serta jajaran Forkopimda provinsi Papua Barat dan kabupaten Teluk Bintuni.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment