Pj. Gubernur Waterpauw Simbolis Tanam 1000 Bibit Tanaman Produktif Program Dinas Kehutanan Papua Barat

MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Kehutanan menggelar penanaman bibit produktif 1000 pohon di wilayah Distrik Manokwari Utara. Penanaman secara simbolis dan penyerahan kepada masyarakat dilakukan oleh Pj. Gubernur Waterpauw didampingi Ketua TP PKK Papua Barat, Jumat (1/9/2023).

Plt kadis kehutanan Papua Barat, Jimmy W. Susanto, S.Hut.,M.P melaporkan program tersebut merupakan bentuk dukungan kebijakan nasional yang sedang dijalankan Gubernur mengatasi Stunting, Kemiskinan Ekstrem, Efek rumah kaca dan pemanasan global. Adapun jenis tanaman produktif berupa matoa, durian, rambutan dan beberapa tanaman entetis lainnya.

“Sesuai untuk mendukung program Gubernur terkait Stunting dan penurunan kemiskinan dan dampak rumah kaca serta pemanasan global. Bibit yang kami tanam adalah bibit produktif,” Jelasnya.

Dirinya menguraikan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat kedepannya tentu bisa mendongkrak perekonomian. Untuk penanaman hari pertama sebanyak 100 pohon dan secara bertahap akan didistribusikan hingga total 1000 pohon yang tersebar di daerah tersebut.

“Bibit ini selain dapat melindungi daerah ini dari sinar matahari, kita harapkan juga hasil dari bibit dapat berguna masyarakat. Selain dapat dikonsumsi, hasil dari tanaman ini dapat dijual oleh masyarakat sehingga program penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem kedepan dapat berjalan,” Tutup Susanto.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment