Lakukan Monev, Ketua Satgas Stunting Turun Lapangan ke Teluk Wondama

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Provinsi Papua Barat, Juliana Antoneta Maitimu, S.Mn didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan selaku Kordinator Wilayah (Korwil) Kab. Teluk Wondama, Elsina Sesa, S.Sos bersama tim melalukan monitoring evaluasi sekaligus harmonisasi data ke Kabupaten Teluk Wondama pada Senin (28/08/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program kegiatan lintas Perangkat Daerah/ lintas sektor yang ada di Kabupaten Teluk Wondama dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting (PPS), selain itu juga dilakukan harmonisasi data agar tidak muncul perbedaan data antar lintas sektor.

Kasatgas PPS Papua Barat dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa dari indentifikasi masalah telah ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanan program di lapangan,
“Kita sudah melakukan identifikasi masalah, diharapkan bahwa perlu adanya koordinasi juga konsilidasi lintas sektoral agar percepatan untuk penanganan stunting bisa lebih maksimal. Selain itu, untuk melakukan aksi intervensi sebelumnya perlu ada kajian dan analisa. Kita harus bekerja sama dengan ahli gizi agar pemberian makanan tambahan yang dilakukan oleh pihak terkait terhadap anak stunting bisa tepat sasaran” ujar Maitimu.

Selain itu, Bupati Teluk Wondama Ir. Hendrik Mambor yang turut hadir menyampaikan ungkapan terimakasih karena Satgas Provinsi Papua Barat telah mendesain aplikasi E-Keriting yang memudahkan pengimputan data terkait stunting,
“Terimakasih karena salah satu yang kita lihat ini adalah bagaimana kita punya sistem data (terkait stunting) ini terintegrasi supaya semua sama. Kebetulan Satgas sudah mendesain sebuah sistem data yaitu Aplikasi E-Keriting. Kita harus belajar supaya data kita sama sehingga percepatan penanganan stunting bisa kita lakukan secara efektif” kata Mambor dalam sambutannya.

Bersamaan dengan Monev dan Evaluasi Data di Gedung Sasana Karya Kabupaten Teluk Wondama tersebut, juga diberikan bantuan dana kepada orang tua asuh tahap II senilai Rp. 44.750.000 oleh Korwil Satgas PPS teluk Wondama,
“Kita sudah menyerahkan dana orang tua asuh di tahap I sebesar Rp. 30.000.000 lalu tadi tahap II sebesar Rp. 44.750.000. Mudah-mudahan dengan penyerahan dana orang tua asuh ini dapat mengatasi permasalahan terkait anak-anak stunting yang ada di Kabupaten Teluk Wondama” singkat Elsina Sesa.

Penulis : Maria

Leave a Comment