Pj.Gubernur Paulus Waterpauw Bersama Wakapolda Papua Barat, Patric Renwarin, Patroli malam di lokasi pembunuhan

Fakfak, – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M. Si, bersama Wakapolda Papua Barat, Brigien. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, SH, M. Si, lakukan patroli malam di sepanjang jalan lokasi pembakaran beberapa fasilitas umum termasuk kantor distrik dan gedung sekolah serta pembunuhan Kepala Distrik Kramongmongga Darson Hegemur.

Dengan mengendarai mobil sendiri, tiba di distrik kramongmongga, Gubernur bersama Wakapolda bertemu dengan aparat TNI POLRi yang sudah di siagakan untuk menjaga keamanan” jadi tadi pagi kita sudah rapat, malam ini kita patroli skala besar” tegas Waterpauw.

Dalam pantauan di lapangan pada malam hari, terlihat rumah warga yang gelap dan aktifitas warga setempat yang sepi.
Aparat TNI POLRI yang terlihat berjaga-jaga dengan senjata lengkap di beberapa tempat termasuk salah satu rumah warga yg di gunakan sebagai pos darurat.

Gubernur Waterpauw sebagai anak kelahiran di Fakfak saat berada di lokasi menyatakan bahwa, sebagai pemimpin haus melihat langsung situasi dilapangan untuk memastikan keadaan rakyat.

“saya pikir keadaan sperti ini pasti semua orang bersabar menunggu ya, tapi sebagai pemimpin dan aparatur negara kita harus bertanggung jawab untuk kontrol, jadi sy berharap satu dua hari kedepan sudah aman dan kondusif” tambahnya.
Sementara itu, Wakapolda Papua barat, etrus Renwarin yang mendampingi Gubenur Waterpaw patroli, menyatakan bahwa situasi relatif aman meskipun masyarakat ada yang mengungsi.
“setelah di lakukan rapat koordinasi yang di pimpin bapak gubenur tadi pagi, hari ini kita coba melihat situasi pada malam hari di areal kampung-kampung di sebelah kampung Kramongmongga, menurut informasi masih ada masyarakat yang belum kembali ke kampung, kampung masih kosong, sehingga ada info lalu lintas masyarakat masih takut-takut dari kampung yang satu ke kampung yang lain, kemudian perintah dari pak gubenur untuk melihat langsung dari dekat bagaimana situasi kampung-kampung yang ada di distrik Kramongmongga, trus kita melihat areal kurang lebih dua hingga tiga kilo namun kampung-kampung di atas Kramongmongga terlihat kondusif” kata Wakapolda.

“tadi sudah di tinjau oleh bapak Gubernur dan kami sendiri, sudah ada satu pleton dari TNI dan satu pleton dari Brimob dan juga di bekap oleh satu regu dari Polres Fakfak, mereka sudah sebar lebar melaksankan kegiatan di seluruh kampung Kramongmongga, ini tentunya hal yang baik, dalam kota, Kapolres dan Dandim juga lakukan patroli skala kecil” tambah Wakapolda.

Patroli hingga tengah malam, Gubernur dan Wakapolda bersama rombongan beristirahat sejenak di kampung Pikpik sambil menikmati makan malam di pinggir jalan, dengan ganyannya yang sederhana dan merakyat Paulus Waterpauw memilih duduk di atas bak mobil pickup sambil menikmati makan dan minum, sambil bercerita dengan Wakapolda Patrick Renwarin yang berada di sampingnya.
“Malam ini ada yang berbeda karena
suasanan yang berbeda di malam ini, ada ketegangan-ketegangan, tapi ada juga kebahagiaan karena kita sekarang lagi makan ya saya pikir keadaan sperti ini pasti semua orang bersabar menunggu ya tapi sebagai pemimpin dan aparatur kita harus bertanggung jawab untuk kontrol, jadi sy berharap satu dua hari kedepan sudah aman dan kondusif” katanya sambil menikmati mie rebus dan segelas teh panas.

” jadi kita sedang menikmati makan malam, tadi hasil patroli dari kromolngga sampai di pikpik aman, masyarakat memang sepi, kita istrahat dulu, makan dulu, setelah itu kita balik lagi, oke itu dulu ya” tambahnya.

Sumber : Tim Media Pj. Gubernur Papua Barat

Leave a Comment