Sambut Baik Perekaman e-KTP Kepala distrik Testega Kerahkan Warga dari 15 Kampung

Kabupaten Pegunungan Arfak ( Pegaf )- Kepala distrik Testega, Obeht Dowansiba, menyambut baik program percepatan KTP-el terselanggara di distriknya. Dengan melihat belum banyak warga yang datang untuk melakukan perekaman, dirinya mengakui bahwa sebagian besar warganya berada di kota Manokwari meski pihaknya telah mengirim surat pemberitahuan jauh sebelumnya.

“Saya sebagai kepala distrik yang mengurusi 15 kampung menyambut baik tim percepatan KTP-el yang dilakukan oleh tim percepatan dari dinas dukcapil provinsi Papua Barat dan dinas dukcapil kabupaten Pegaf. Kami berharap program ini terus
berjalan karena masyarakat kami banyak yang tidak berada di tempat, karena meskipun kami sudah menyampaikan surat pemberitahuan, namun banyak yang sedang berada di Manokwari,”ungkap Kadistrik, Obeth Dowansiba.

Kepala dinas Kepndudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Pegaf, Ruben Mandacan, mengatakan pihaknya bersama tim akan memaksimalkan perekaman KTP-el, dimana stafnya juga telah terbagi dalam tim yang berada di disetiap distrik.

“Setelah perekaman yang kami lakukan bersama tim selama 1 bulan, enam kedepan bulan kami akan lanjutkan perekaman. Oleh karena itu saya berharap dukungan pemerintah distrik dan masyarakat kita sama-sama menjaga alat VSAT yang sudah ada ini,”ujar kadis dukcapil, Ruben Mandacan.

Ungkapan terima kasih pun datang dari warga distrik Testega, atas terselenggaranya perekaman KTP-el ini. Menurut warga, langkah dan terobosan yang dilakukan Pemprov Papua Barat bersama Pemda Pegaf, telah memudahkan mereka untuk mengurus dan memiliki berbagai dokumen kependudukan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah provinsi Papua Barat maupun pemda Pegaf karena sudah membantu kami sehingga kami dengan mudah memiliki KTP elektronik,”ungkap warga Testega, Aser Meidodga.

“Terima kasih untuk pemerintah provinsi Papua Barat dan kabupaten Pegaf, karena hari ini kami sudah bisa memiliki KTP-el, Kami berharap kegiatan seperti ini kedepan terus berjalan,”ungkap Luther Dowansiba, warga Testega.

“Kami sudah memiliki KTP, kartu keluarga dan surat-surat lain, oleh karena itu kami uncapkan terima kasih kepada pemerintah,”tutur Niko Isba, warga Testega.

Yance Dowansiba, selaku kepala kampung Meifekeni, juga turut menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, baik pemerintah pusat hingga kabupaten. Pihaknya berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin, mengingat masih banyak warganya yang belum memiliki KTP-el, KK, dan kartu identitas penduduk lainnya.

“Selaku pemerintahan bawah, yang terkecil dan terdepan, saya kepala kampung Meifekeni menyampaikan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat, pemprov Papua Barat maupun penda kabupaten Pegaf yang telah melakukan perekaman. Hari ini saya datang secara langsung mengnatar sekitar dua puluhan warga untuk melakukan perekaman KTP-el. Saya berharap kegiatan seperti ini terus berjalan, karena warga saya ini banyak belum melakukan perekaman,”ungkap Yance Dowansiba.

Setelah memantau proses perekaman KTP-el di hari ke dua, memasuki hari ke tiga, yaitu pada hari minggu ( 06/08/2023 ), tim supervisi yang dipimpin kepala dinas Admindukcapi PPKB provinsi Papua Barat, kemudian bergegas meninggalkan tim Pencari KTP-el distrik Testega menuju distrik Mimbei untuk memantau tim yang melakukan perekaman. Semenatara tim Pencari yang berada di distrik Testega masih tetap melakukan pelayanan perekaman dan pendataan.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment