Rapat Perdana Persiapan Menuju Fordasi Oktober Mendatang

Manokwari- Berlangsung di ruang rapat Multi Media, lantai 3 Kantor Gubernur Papua Barat, senin ( 26/06/2023 ) diprakarsai Biro Otonomi Khusus ( Otsus ) provinsi Papua Barat, menggelar rapat bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ).

Rapat itu digelar sebagai tindaklanjut dari hasil kesepakatan rapat koordinasi Forum Daerah Asimetris Indonesia (Fordasi) ke-7 di Aceh pada tanggal 21 september 2022 lalu. Dimana disepakati bahwa Papua Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan Fordasi pada tahun 2023. Selain itu memperhatikan arahan Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI pada tanggal 12 Juni 2023 di Jakarta.

Kepala Biro Otsus provinsi Papua Barat, Abner Singgir SE. MM., usai rapat kepada media Diskominfo Perstatik Papua Barat menerangkan, bahwa rapat digelar dalam rangka membahan sejumlah persiapan Asimetris Daerah bagi 9 provinsi se-Indonesia yang akan digelar di provinsi Papua Barat pada bulan oktober 2023.

“Rapat hari ini adalah rapat perdana dalam rangka persiapan pelaksanaan koordinasi Forum Asimetris Daerah bagi 9 provinsi se-Indonesia, Rapat ini dihadiri oleh para pimpinan OPD teknis yang akan terlibat, terutama salah satu agenda adalah pameran inovasi daerah yang akan dilaksanakan pada bulan oktober nanti,” jelas Karo Otsus, Abner Singgir SE. MM.

Lebih lanjut kata Karo Otsus, bahwa hal yang menjadi harapan pihaknya, yaitu persiapan data yang valid oleh pihak OPD-OPD pengguna dana Otsus untuk nanti dapat ditampilkan pada saat puncak pameran oktober nanti.

“Harapan yang sangat penting adalah dukungan dari semua OPD pengelola dana Otsus agar menyiapkan data yang valid untuk ditampilkan pada saat pameran nanti. Persiapan perlu dimatangkan karena forum ini merupakan forum nasional yang akan dihadiri oleh 9 provinsi se-Indonesia,”tandas Karos Otsus.

Sedikitnya terdapat 46 OPD teknis lingkup pemprov Papua Barat yang terlibat langsung dalam pelaksanan Fordasi. Sebagai awal persiapan, rapat kali ini sekaligus telah membentuk struktur kepanitiaan guna mempersiapkan berbagai hal teknis dalam menyukseskan Fordasi oktober 2023 mendatang.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment