Kejuaraan Sepakbola Piala SSB Kasuari U-10 & U-12 Bergulir, Pj. Gubernur Waterpauw Pesan Junjung Sportivitas

MANOKWARI – Kejuaraan Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala SSB Kasuari dalam rangka memperingati HUT Ke-2 telah bergulir, dipusatkan pada lapangan Borarsi. Pemerintah Papua Barat memberikan dukungan serta apresiasi atas terselenggaranya kejuaraan tersebut sebagai cikal bakal menumbuhkembangkan minat dan bakat pesepakbola sejak usia dini, Senin (26/6/2023) sore.

Sambutan tertulis Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si yang dibacakan Asisten I Setda, Roberth Rumbekwan mengatakan pelaksanaan kejuaraan ini, harus benar-benar djadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan-tujuan yang baik, seperti pembentukan SDM berkualitas secara fisik dan mental. Tujuannya memperkuat karakter bangsa, meningkatkan persatuan dan persaudaraan serta tujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga sepakbola.

Selain itu diharapkan mampu mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Berdirinya SSB Kasuari manokwari – papua barat memiliki tujuan yang baik dan mulia. Untuk mendidik kaum muda sejak dini menjadi seorang atlet yang profesional dan tangguh serta mampu memberikan kontribusi yang baik untuk dirinya dan daerah, sekaligus membantu pemerintah mempersiapkan atlet-atlet muda yang berbakat dan siap di pakai untuk mengharumkan nama pemerintah pada setiap kompetisi dan mendorong mereka keluar dari hal-hal yang dapat merugikan masa depan mereka,” Ujarnya.

Para generasi pesepakbola masa depan yang ikut serta dalam turnamen Piala SSB Kasuari seyogianya menumbuhkan bahkan memelihara rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan. Ditekankan hadirnya kejuaraan ini dari kita untuk kita, karena sepak bola mempersatukan.

“Sportivitas dalam artian bisa menghargai dan mengakui keunggulan lawan, juga menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan. Tak kalah pentingnya, taati seluruh ketentuan dan peraturan pertandingan yang telah disepakati bersama, dan jadikan kejuaraan ini sebagai proses dalam membina serta mendidik anak-anak kita dari usia dini,” Tandasnya.

Untuk diketahui dari hasil screening Usia 10 yang mengikuti kompetisi sebanyak 5 tim, terdiri dari SSB Kasuari, SSB Indonesia Muda, SSB Bhayangkara, SSB Rembos dan SSB Kamasan Wirsi. Sedangkan Usia 12 sebanyak 9 Tim, diantaranya SSB Kasuari, SSB Indonesia Muda I, SSB Bhayangkara I, SSB Kamasan Wirsi, SSB Doberay, SSB Indonesia Muda II, SSB Bhayangkara II, SSB Rembos dan SSB Yaput Ransiki.

Kejuaraan berlangsung selama dua hari, 26-27 Juni 2023 dengan fasilitas dua lapangan. Turut mendampingi Kadis Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan, Plt. Kepala Biro Administrasi Pemerintahan, Helen Frinda Dewi, dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Givenly Frans.

Leave a Comment