Pj. Gubernur Waterpauw Serahkan Bantuan 45 Ekor Sapi Qurban Bagi Umat Muslim Papua Barat

Manokwari-Pemerintah provinsi Papua Barat, memberikan bantuan hewan qurban kepada umat muslim di Papua Barat. Bantuan sapi tersebut diserahkan secara langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpau M.Si, di halaman masjid Ridwanul Bahri Fasharkan Manokwari, rabu ( 28/06/2023 ).

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Waterpauw mengapresiasi dan memandang penting silaturahmi itu, sebagai momen untuk menjaga kerukunan antar umat beragama demi kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.

“Silaturahmi ini digagas oleh bapak ketua ( MUI ) Papua Barat, tentunya saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi mengucapkan terima kasih. Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi dari hubungan antar umat beragama maupun masyarakat. Menurut saya ini untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, paguyuban dan rasa persaudaraan, empati yang timbul itu akan membawa kebahagiaan,” jelas Penjabat Gubernur Waterpauw.

Penjabat gubernur juga berharap, momen hari raya idul adha akan semakin menimbulkan kepekaan sosial. Menurut orang nomor satu di Papua Barat ini, bahwa terdapat tiga hal bermakna, yang pertama ketatan kepada Allah, ke dua berbagi terhadap sesama yang kurang mampu serta ke tiga memberi dengan ikhlas.

“Momen ini saya berharap dapat menimbulkan rasa kebersamaan dan kepekaan sosial, merasa empati dan mengulurkan tangan bagi sesama. Ada tiga makna, yang pertama mendekatkan diri kepada Allah, menunjukan ketaatan kepada Tuhan. Yang ke dua berbagi kepada yang kurang mampu, sehingga kita dapat merasakan kebahagiaan, dan yang ke tiga memberikan dengan keihklasan seseorang,”Pj. Gubernur Waterpauw.

Ketua Majelis Ulama Indonesia provinsi Papua Barat, Haji Ahmad Nausrau, S.Pd.I., MM, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran penjabat gubernur yang secara langsung menyerahkan bantuan hewan qurban ini.

“Kami sungguh sangat berterima kasih karena dalam kesibukan bapak gubernur bisa hadir untuk menyerahkan hewan kurban, mewakili seluruh umat muslim di Papua Barat menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada bapak gubernur. Bapak gubernut, perlu kami laporkan bahwa MUI akan menyelenggarakan lomba kasidah dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah,”ujar Ketua MUI Papua Barat, H. Ahmad Nausrau.

Bantuan hewan qurban 1 ekor sapi bobot 940 kilo gram, di masjid Bhaitul Amin Prafi.
Bantuan Pj. Gubernur berjumlah 45 ekor tersebar di 7 kabupaten se-provinsi Papua Barat 25, FakFak 5, Kabupaten Kaimana sebanyak 5 ekor sapi, Manokwari Selatan sebanyak 4 ekor, Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 3 sapi, Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 3 ekor sapi.

Selain 45 ekor sapi bantuan pemprov Papua Barat tersebut, secara pribadi dari Penjabat ketua Tim Penggerak PKK, juga memberi bantuan 3 ekor sapi, sehingga jumlah keseluruhan bantuan hewan qurban yang disalurkan kepada umat muslim kali ini untuk dikurbankan pada perayaan Idul Adha 1 syahwal 1444 Hijriah tahun 2023 sebanyak 48 ekor sapi.

Turut hadir saat acara penyerahan ini, Ketua MUI Papua Barat, ketua TP PKK provinsi Papua Barat, perwakilan KA Fasharkan Manokwari, Ketua takmir masjid Ridwanul Bahri, para assisten setda dan staf ahli gubernur, para pimpinan organisasi perangkat daerah ( OPD ), serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment