Serahkan DPA, Plt. Karo PBJ Ingatkan Jajaran Fokus Arahan Gubernur dan TKDN 40 Persen

MANOKWARI – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Papua Barat, Jemmy Pigome,ST membagikan Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) kepada jajaran. Dirinya menegaskan fokus pada arahan Penjabat Gubernur dan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Selasa (18/4/2023).

Dalam arahannya disampaikan kepada para Kabag dan Kasubag bahwa target secara tugas fungsi maupun kebijakan wajib digenjot. Selain itu akan segera mengumumkan seluruh paket pekerjaan melalui Sistim Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) dan pencapaian target e-catalog lokal.

“Terutama 40 persen TKDN beli produk dalam negeri karena itu tugas Presiden kepada Mendagri dan Gubernur. Saya sudah sampaikan setelah lebaran kita sudah mulai proses pengadaan Barjas dipercepat supaya serapan anggaran sesuai harapan,”

Pigome juga memaparkan bahwa arahan Gubernur terkait pengadaan langsung juga telah ditindaklanjuti melalui koordinasi para pimpinan OPD agar menugaskan staf untuk mendaftar akun di LPSE. Selain itu menginfokan kepada pengusaha untuk dapat mendaftarkan akun mereka dalam akun LPSE atau e-pengadaan langsung.

Disamping itu kepada bagian dan kelompok kerja yang nantinya di SK oleh Gubernur mulai perketat efisiensi anggaran mulai dari total paket pelelangan selama satu tahun. Hal tersebut penting sehingga dari efisiensi dapat menyumbang PAD untuk Papua Barat.

“Harapannya sehingga progres pengadaan Barang Jasa dapat berjalan lancar dan berkontribusi mengangkat perekonomian di Papua Barat,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment