Pramuka, PMI dan Sejumlah Relawan Siaga Bantu Masyarakat di Pulau Mansinam Selama Perayaan HUT PI Ke-168

Manokwari (05/02/2023), Antuasias masyarakat dalam perayaan HUT PI di Tanah Papua ke-168 di Pulau Mansinam didukung pula dengan antusias para relawan dari berbagai stakeholder untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan selama perayaan berlangsung.

Sejak Jumat (03/02/2023) para relawan telah sampai di Pulau Mansinam untuk membantu menjaga ketertiban juga kebersihan di Palau.

Yusran Mahdani, Ketua PMI Kabupaten Manokwari menyampaikan, rombongannya telah tiba di Pulau Mansinam sejak Jumat (03/02/2023) bersama dengan Palang Merah Remaja (PMR) dari berberapa sekolah dengan jumlah 80 personil.
“kegiatan yang pertama donor darah, kedua pemeriksaan kesehatan, hari ketiga kami juga akan ikut membersihkan Pulau Mansinam di tanggal 6 Februari” tegas Mahdani

Selain itu, kelompok Pramuka juga turut ambil bagian dalam aksi tersebut. Dikatakan Surya Bintara, Ketua Dewan Saka Bhayangkara Polres Manokwari bahwa tiap tahunnya, kelompok pramuka akan membantu masyarakat di Pulau Mansinam dengan program Bakti Sosial,
“Kami datang kesini untuk membantu masyarakat di Pulau Mansinam dengan menyelenggarakan bakti sosial. Ini merupakan suatu ciri khas dari Pramuka” pungkas Surya.

Dikatakan bahwa hanya sedikit kendala saat mengatur kertetiban di Pulau Mansinam, seperti pedagang dari kota yang tidak tertib dalam mengatur barang dagangan. Meskipun begitu, masyarakat pulau sangat ramah sehingga tidak begitu sulit untuk mengatur ketertiban disana.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Papua Barat juga akan menggerakan OPD-OPD untuk turut membersihkan Pulau Mansinam pasca perayaan HUT PI pada Senin (06/02/2023).

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment