Motorace Perahu Kwawi-Mansinam Harap Pengembangan Situs Injil Dukung Pertumbuhan UMKM

MANOKWARI – Perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) di Tanah Papua ke 168 Tahun yang pada hari ini Minggu, (05/02/2023) menjadi moment bersejarah bagi masyarakat di Tanah Papua Khususnya di Pulau Mansinan.

Perayaan ini sudah menjadi Tradisi yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat. Bukan hanya Ibadah Syukur, Wisata Religi pun menjadi minat dan daya tarik bagi masyarakat yang berada di Provinsi Papua Barat maupun dari Luar Papua Barat.

Pulau Mansinam merupakan bagian dari wilayah Papua Barat yang letaknya sekitar 6 Kilometer dari Kota Manokwari, Untuk mencapai pulau ini hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit menggunakan kapal mesin atau biasa disebut dengan Jonson.

Adapun Tarif yang diberikan lebih tinggi dari hari biasanya sesuai penyampaian seorang Motorace, Jhon Rumbruren

“Awalanya Rp.10.000 tapi karena BBM naik 5 Liter Rp.80.000 jadi kita kasih naik harga per orang jadi Rp.20.000” Jelasnya.

Pendapatan yang diperoleh pun berbeda dari hari biasanya pada waktu Perayaan dan waktu biasa “hari biasa kita cuma dapat Rp.150.000 saja, kalau ada acara seperti ini bisa sampai Rp.350.000”

Tidak hanyak itu hal lain yang disampaikan Jhon berkaitan dengan menarik wisatawan. Jhon berharap agar mansinam kedepannya lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya. Pasalnya jika Mansinan dibenahi secara penuh akan menjadi primadona tujuan wisata masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi para pengemudi perahu.

“Saya berharap agar mansinam lebih baik dari sebelumnya dan perlu diperhatikan situs-situs yang ada karena masih banyak tidak terawat” Terangnya.

Penulis: Melisa Tulus

Leave a Comment