BLK Dinas Koperasi dan UKM Akan Difungsikan, 3 Hektar Lahan Persiapan Pusat UMKM Papua Barat

MANOKWARI – Kamis (12/1/2023), Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si beserta sejumlah pimpinan OPD mengunjugi Balai Latihan Kerja yang berlokasi di Sowi Gunung. Tujuannya kedepan akan dijadikan pusat UMKM Papua Barat.

“Kita naik disini, Balai Latihan Kerja Dinas Koperasi dan UKM ini kepentingannya banyak. Saya mau lihat secara langsung luas kantor dan lahan, kira-kira bisa kita olah seperti apa,” Jelas Penjabat Gubernur Waterpauw.

Dalam pengamatannya banyak gedung yang telah dibangun, namun ada pula yang berada pada kategori kurang layak. Oleh sebab itu Penjabat Gubernur Waterpauw akan mengevaluasi bersama.

Hal lain yang dibahas adalah luas lahan 3 hektare yang masih kosong akan difungsikan sebagai pusat UMKM dan anggarannya melalui kajian yang matang, jika dimungkinkan pada APBD Papua Barat tahun 2023. Menurutnya jika terealisasi maka jalur promosi kerajinan maupun kuliner Mama Papua dan Nusantara semakin mudah dipromosikan.

“Kalau untuk kita mendorong anak-anak dan mama kita tentang UMKM yang lebih memiliki nilai strategis dan teknologi bisa pakai disini. Lahan kosong 3 hektare bisa gunakan kedepan dan kalau bisa masuk anggaran ini kita akan pusatkan UMKM di Papua Barat, lokasi disini. Kita usahakan 2023, tadi ada yang saya bijaki untuk anggaran perubahan,” Urainya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, Stephanus Selang juga berharap Balai Latihan Kerja dapat direvitalisasi. Selain itu pemanfaatan lahan diformulasikan menjadi pusat kegiatan UMKM.

“Wisata kuliner dan pameran bisa lakukan disini,” Singkatnya.

Penulis : Givenly  Frans

Leave a Comment