Kesuksesan BRIDA di Papua Barat, Dr. Yopi : SDM Kunci Keberhasilan Apapun

MANOKWARI – Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi telah mempresentasikan mekanisme pembentukan BRIDA pada level Kabupaten/Kota di Papua Barat. Diutamakan peran aktif, koordinasi dan sinkronisasi bersama Pemda setempat agar tahapan mulai usulan hingga pendampingan teknis dapat berjalan dengan baik.

Menjadi sorotan penting saat paparan ditekankan yakni Sumberdaya Manusia (SDM) yang dituntut sebagai motor penggerak khususnya pada Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hal itu menjadi landasan keberhasilan dan diharapkan menjadi para pemikir terbaik.

“Kami menekan SDM karena adalah kunci keberhasilan apapun juga. Kami mendorong daerah menyiapkan platform SDM IPTEK,” Bebernya, Kamis (29/9/2022).

Dirinya juga menyadari ditengah tantangan pengembangan SDM cenderung sulit, maka langkah strategis yang perlu diterapkan sesuai tugas dan fungsi BRIDA. Dikatakan Dr. Yopi, keberadaan Sumberdaya Manusia handal tidak hanya pada level pemerintah daerah melainkan Industri dan perguruan tinggi.

“Kondisi sekarang kita memahami regulasi bagaimana Pengembangan SDM yang sulit dan lain-lain. Untuk itulah kita balik lagi, tugas dan fungsi Brida adalah Kordinasi dan sinkronisasi, bagaimana SDM di Brida belum banyak. Mari sama-sama manfaatkan potensi yang ada, melihat problem untuk mendapatkan sesuatu dalam penyelesaian,” Harapnya. [Kpb_01]

Leave a Comment