Pj. Gubernur Waterpauw Optimis UMKM Bangkit, Papua Barat Sejahtera

MANOKWARI- Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui dinas Koperasi UKM, menggelar Wisata Kuliner, melibatkan Pelaku UMKM di 13 Kabupaten/Kota se-Papua Barat. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, Jumat (12/8/2022) berlokasi di Jl. Percetakan-Sanggeng.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Waterpauw mengatakan, UMKM bangkit, Papua Barat sejahtera. Menurutnya, UMKM merupakan ujung tombak perekonomian Nasional maupun Daerah. Penjabat Gubernur juga mengajak pelaku UMKM untuk berinovasi dan berkreasi menggunakan produk lokal.

“Ini merupakan semangat awal untuk kita organisir mama-mama dorang punya masakan, adik-adik dorang punya konsep-konsep masakan, mungkin tahun depan kita buat kegiatan (wisata kuliner) yang jauh lebih besar, yang bisa mendatangkan pejabat pusat. Kami sebagai pemerintah terus mendorong upaya-upaya pemulihan ekonomi pelaku UMKM. saya mengajak kita semua untuk melangkah dan upaya bersama untuk mendorong UMKM, demi menciptakan iklim usaha yang kondusif. UMKM bangkit, UMKM pulih Papua Barat sejahtera,” Jelas Pj. Gubernur Waterpauw.

Kepala dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua Barat, Stepanus Selang dalam laporannya mengatakan, terlaksana wisata kuliner ini, dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 77 tahun 2022, dan peringatan hari UMKM Nasional yang ke 6 tahun, bertujuan memberi dukungan kepada pelaku UMKM, meningkatkan kreatifitas dan daya saing dan pemasaran produk.

“Dalam hal ini, khsusnya yang bergerak di bidang wisata kuliner untuk tetap bersemangat dan tumbuh kembang, meskipun masih dalam masa pandemi covid 19. Berlangsung sehari, dengan peserta berjumlah 100 pelaku UMKM, dengan sumber pendanaan dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat tahun 2022,” Tambah Kepala Dinas Koperasi UKM Papua Barat.

Dalam kesempatan ini, Penjabat Gubernur Waterpauw juga memberikan bantuan uang tunai senilai 100 juta rupiah kepada 100 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan.

Selain itu menyerahkan secara simbolis, Bantuan berupa tenda, meja dan kursi, kepada Kabupaten/Kota yang telah mengusulkan. Beberapa Kabupaten tersebut Antara lain, Kabupaten Manokwari 280 tenda, Kabupaten Sorong 185 tenda set, Kota Sorong sebanyak sebanyak 145 buah, Kabupaten Sorong Selatan sebanyak 100 set tenda, kursi dan meja jualan. Sedangkan untuk Kabupaten FakFak, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Raja Ampat, masing-masing sebanyak 300 Buah tenda matic. [kpb_04]

Leave a Comment