Lepas Kontingen Jambore Nasional Ke-XI, Pj. Gubernur Waterpauw Pesan Harumkan Kwarda Papua Barat

SORONG- Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjem Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, resmi melepas Kontingen Jambore Nasional Ke XI tahun 2022, Gerakan Pramuka Papua Barat Kwartir Daerah (Kwarda). Apel pelepasan dengan mengusung tema “Kita wujudkan Pramuka yang ceria, berdedikasi dan berprestasi” bertempat di Pelabuhan Laut Sorong, Sabtu (6/8/2022).

Dalam Sambutannya, Penjabat Gubernur Waterpauw, mengungkapkan Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan yang dipercayakan pemerintah. Oleh sebab itu diharapkan mampu meningkatkan ilmu keterampilan, ilmu pengetahuan, ketangkasan, disiplin, kuat fisik dan mental.

Ditambahkan Pj. Gubernur Waterpauw kedepan dapat menjadi generasi muda tangguh, yang kelak menjadi penerus dalam mengemban cita-cita dan perjuangan bangsa, serta setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jambore Nasional adalah sebuah acara pendidikan anak bangsa yang sangat penting. Dimana mempertemukan seluruh anak Bangsa dari seluruh penjuru Indonesia. Oleh sebab itu, adik-adik harus dapat berkegiatan dengan damai bersahabat,” Jelas Pj. Gubernur Papua Barat.

“Adik-adik adalah pilihan dari masing-masing cabang, oleh sebab itu jagalah Nama baik Daerah. Ingat bahwa Jambore Nasional seperti ini, tidak akan terulang untuk ke dua kalinya bagi adik-adik. Pesan kakak, jaga semangat kebersamaan, kekompakan tim dan regu, untuk mengharumkan nama baik pribadi, keluarga dan juga Papua Barat,” Sambungnya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH.,M.Si
dalam laporannya menyampaikan Jambore Nasional bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta rasa kembanggaan yang berBhineka, sebagai manusia yang beriman dan berjiwa Pancasila.

Disampaikannya, Peserta yang tergabung dalam kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat, berjumlah 208 Orang peserta, dan 26 orang pembina pendamping, yang berasal dari 13 Kwartir Cabang Se-Provinsi Papua Barat. Kontingen akan mengikuti kegiatan dijadwalkan mulai 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta Timur.

“Jambore Nasional Gerakan Pramuka Kwarda Papua Barat miliki sasaran, menjalin ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membina tali persaudaraan dalam upaya membangun jati diri Bangsa, meningkatkan kekuatan mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemipinan dan kepercayaan diri. Meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri, masyarakat, Bangsa dan Negara di berbagai bidang. Mengembangkan rasa kepedulian anggota Pramuka dalam membantu Penanganan Covid 19,” Tandas Lakotani. [kpb_04]

Leave a Comment