Menindaklanjuti Arahan Pj. Gubernur Waterpauw, Lima OPD Papua Barat Tanam Pohon di Mansinam

MANOKWARI- Jumat (5/8/2022) Masih merupakan rangkaian kegiatan menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si menjelang peringatan HUT RI Ke-77. Hari ini dilakukan penanaman pohon melibatkan lima OPD lingkup Pemprov Papua Barat, dipusatkan di pulau Mansinam.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri menyebut agenda ini menindaklanjuti arahan Pj. Gubenur Papua Barat, dibarengi Program Dinas yang berkaitan dengan Penghijauan.

“Bapak Gubernur pesan Agar masyarakat ikut terlibat, oleh sebab itu masyarakat diminta untuk menjaga dan merawat tanaman dengan baik, karena beliau sendiri yang akan melakukan peninjauan, apabila masyarakat yang menjaga dan pelihara tanaman dengan baik, maka akan diberi hadiah,” Ujar Kadishut Papua Barat.

Selain itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Fonataba,M.Si, menambahkan, kegiatan ini merupakan pemberdayaan kepada masyarakat setempat, serta menjalankan perintah dan arahan Pj. Gubernur Waterpauw, mengantisipasi adanya kirisis pangan dunia dan krisis gas di masa mendatang.

“Program ini adalah bentuk partisipasi Pemprov Papua Barat, dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Jadi kita akan melibatkan masyarakat, baik dari segi teknis, tapi kita juga akan memberikan bantuan pembersihan sekitar pohon yang sudah djtanaman dan perlakuan pupuk. Kita Berharap, 4 sampai 5 tahun mendatang, sudah berproduksi,” Tambah Kadis TPHBun.

Bakti sosial inipun mendapat respon positif dan disambut baik oleh Pemerintah Kampung Mansinam. Kepala Kampung, Welly Rumsayor, mengaku bangga dan berterima kasih atas perhatian Pemprov Papua Barat. Melalui penanaman pohon pihaknya menjamin akan menjaga dan merawat pohon yang ditanam, dengan mengarahkan masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian hutan.

“Saya mewakili masyarakat, mengucapkan terima kasih bapak Gubernur yang sudah memberikan perhatian kepada kami di Pulau (Kampung Mansinam) melalui penghijaun ini. Kami doakan, kedepan Tuhan memberkati bapak dan setia dalam melaksanakan tugas menjadi berkat bagi banyak orang,” tandas Kepala Kampung, Welly Rumsayor. [kpb_04]

Leave a Comment