Bantuan Perahu Polyethylene Akan Diserahkan Antisipasi Cuaca Ekstrim di Daerah Rawan Bencana

MANOKWARI – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD( Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, S.Sos,MM mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Barat akan memberi bantuan berupa satu perahu Polyethylene. Kegunaannya adalah memudahkan upaya operasional penanggulangan jika adanya bencana, Selasa (26/7/2022).

Perahu Polyethylene tersebut berkapasitas sepuluh penumpang. Nantinya diserahkan kepada Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Arfak.

“Jadi difokuskan kalau banjir, perahu itu dipakai untuk angkut anak-anak atau ibu-ibu yang lansia, yang di utamakan. Setelah membaca laporan dengan situasi dokumentasi yang ada di sana (Kab. Maybrat) rupanya dengan hujan ekstrim mengakibatkan banjir beberapa waktu lalu dan menyulitkan masyarakat untuk menyebrang. Ini kita khususkan untuk masyarakat disekitar Danau Ayamaru,” Jelas Ampnir.

Beberapa daerah di Papua Barat yang sudah melaporkan kondisi cuaca hujan esktim berpotensi rawan bencana yakni Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Maybrat. Berdasarkan laporan yang diterimanya, bahwa banjir rob melanda daerah pesisir selatan, seperti kabupaten Fak-Fak. Dirinya menyebut akan melakukan peninjauan.

“Ini rencana hari rabu atau kamis sudah ke Fak-Fak untuk melihat kondisi disana, artinya untuk melihat secara langsung apa yang sudah di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” Tandas Kepala BPBD Papua Barat. [kpb_04]

Leave a Comment