dr. Arnold Tiniap Beri Tips Hindari Penyakit Saat Perubahan Cuaca

MANOKWARI – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus
Tiniap menghimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan akibat cuaca yang tidak menentu saat ini, Selasa (26/7/2022).

“Dua bulan lalu sempat meningkat, tapi itu mungkin berhubungan dengan musim buah ya, tapi yang sekarang ini karena ada perubahan cuaca, jadi mungkin air sumur yang diminum tidak bersih yang tidak direbus dengan baik. Kemudian flu dan pilek ini juga memiliki hubungan dengan adanya perubahan cuaca, termasuk covid,” Jelas dr. Arnold Tiniap.

Sambungnya, bentuk pencegahan masyarakat tidak terdampak akibat cuaca buruk harus persiapkan perlengkapan saat beraktivitas. Selain itu, membutuhkan istirahat yang cukup untuk mempertahankan kekebalan tubuh dari ancaman penyakit.

“Meningkatkan kita punya imunitas kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit hampir sama. Akan tetapi upaya lebih khusus, biasa berhubungan dengan peningkatan penyakit juga. Misalkan diare, malaria, membutuhkan lingkungan yang sehat,” Tambahnya.

“Kalau vitamin bukan solusi untuk mempertahankan daya tahan tubuh, tetapi istirahat yang cukup. Kalau vitamin bisa mempengaruhi sistem dalam tubuh kita. Tapi untuk lebih memastikan kita punya imunitas itu sebenarnya dari makanan yang kita konsumsi. Sebenarnya kalau kita capek perlu istirahat bukan mengkonsumsi vitamin, karena akan berpengaruh jika memiliki riwayat jantung,” Tandas dr. Tiniap. [kpb_04]

Leave a Comment