Hadir Mewakili Pj. Gubernur dalam Program “Gubernur Menyapa” Sekda Nataniel Ingatkan Protkes dan Capaian Vaksinasi Covid-19

MANOKWARI – Hadir Dalam Program Gubernur Menyapa mewakili Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, Sekda Papua Barat, Drs. Nataniel D. Mandacan, M.Si, Selasa (26/7/2022) dimulai pukul 08.00 WIT.

Mengusung tema “Masyarakat Sehat, Ekonomi Bangkit” Program acara Gubernur Menyapa, berlangsung di studio multi purpose RRI Manokwari, dipandu Presenter Yoke Kubiari.

Sesuai Tema tersebut, Sekda Nataniel mengatakan, berbagai upaya Pemprov Papua Barat untuk membantu masyarakat telah dilakukan lewat bantuan-bantuan, seperti bantuan Tangan Kasih Gubernur Papua Barat, yang telah dikucurkan dalam masa kepemimpinan periode 2017-2022, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani, S.H., M.Si.

Dikatakannya, bantuan itu merupakan stimulus, sebagai pembangkit masyarakat ekonomi lemah dan UMKM untuk tetap bertahan dalam menghadapi pandemi covid 19. Diketahui bantuan Tangan Kasih Gubernur Papua Barat, telah diberikan kepada 2.317 pengusaha UMKM.

“Dari jumlah data ini Kita akan evaluasi, apakah mereka (masyarakat) yang dapat ini, terdaftar di kabupaten atau tidak. Ada 619 pelaku usaha mikro dan kecil serta usaha koperasi yang menerima bantuan,” jelas Sekda.

Muncul pertanyaan dari masyarakat, melalui via telefon dalam program acara ini, terkait dengan hak-hak masyarakat Papua Barat dalam dunia usaha, baik berupa bantuan dari Pemprov Papua Barat. Selain itu, muncul juga pertanyaan terkait kebijakan pemerintah yang dianggap belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Menanggapi hal itu, Sekda Mandacan menjelaskan bahwa Pemprov Papua Barat tidak hanya melihat satu daerah tetapi keseluruhan mencakup 13 Kabupaten/Kota, sehingga bantuan yang didistribusikan baik berupa barang atau uang tunai, dilakukan secara bertahap.

“Mari, kita gunakan akal dan pikiran untuk berupaya tetap bergerak mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Bantuan pemerintah itu kecil, itu merupakan stimulan, tapi dari yang kecil itu kita bisa usaha untuk menjadi lebih besar.
Sebab kita pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan bantuan stimulan kepada semua Kabupaten/Kota,” Jawab sekda Papua Barat menanggapi pertanyaan masyarakat.

Sekda Nataniel juga mengingatkan bahaya covid 19 masih ada di Papua Barat, sehingga masyarakat diajak untuk terus taat terhadap protokol kesehatan, serta dapat melakukan vaksinasi.

Untuk capain target penangan covid sendiri, terutama vaksinasi, Sekda menyebut, Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong sudah mencapai 70 persen penangan covid 19.

“Kita jalankan Protkes ini kan tidak mahal. Pakai masker, cuci tangan, itu untuk menangkal covid dari luar, kalau dari dalam tubuh kita, ya kita vaksin. Saya minta masyarakat untuk mengikuti apa yang dianjurkan pemerintah. Tidak mungkin pemerintah melakukan hal-hal yang mematikan masyarakatnya. Covid 19 masih ada, mari kita jaga diri,” Tandas sekda Mandacan. [kpb_04]

Leave a Comment