Rakornis Perindag Papua Barat 2022 Ciptakan IKM Berdaya Saing Terkhusus Masyarakat Lokal

SORONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat menggelar Rapat Koordinasi tahun 2022. Agenda ini mengusung tema Transformasi Struktural Perdagangan dan Perindustrian Serta Peningkatan Pemberdayaan IKM dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Papua Barat, Selasa (22/3/2022).

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si dalam sambutannya menyampaikan Industri menjadi salah satu penggerak pembangunan ekonomi nasional karena mampu memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan nilai tambah lapangan kerja dan devisa. Selain itu, Undang-undang nomor 4 tahun 2014 tentang perindustrian telah mampu memetakan sebagai salah satu pilar ekonomi dan peran besar kepada pemerintah untuk mendorong kemajuan industri nasional secara terencana.

“Pembangunan industri diharapkan untuk menciptakan industri kecil dan menengah yang berdaya saing dan terintegrasi dalam mata rantai skala besar. Diharapkan pembangunan daerah dan masyarakat melalui perindustrian dan perdagangan harus bekerja dengan baik sesuai kewenangan tingkat pemerintahan masing-masing,” Ujar Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

“Pelaksanaan Rakornis ini merupakan agenda penting dalam penyusunan rencana kerja daerah serta perindustrian dan perdagangan,” Sambungnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. George Yarangga,A.Pi.,MM melaporkan Rakornis berlangsung 22-23 Maret 2022 dan alokasi anggaran yang dipergunakan bersumber dari DPA Dinas. Adapun tujuan pelaksanaan rakor mencapai kesepahaman dalam pengambilan keputusan kebijakan pembangunan perindustrian dan perdagangan di Papua Barat lebih berpihak serta memberdayakan masyarakat lokal, pelaku usaha, pelaku industri,dan pelaku dagang orang asli Papua.

“Tujuannya tercapai keselarasan persepsi dan akselerasi dalam pemulihan ekonomi masyarakat lokal. Memaduselerasikan program prioritas dan kegiatan sektor perindustrian dan perdagangan antar OPD Kabupaten/Kota dengan Provinsi yang mengurus tentang perindustrian dan perdagangan,” Urai Kadis Perindag Papua Barat, George Yarangga,A.Pi.,MM.

Kepala Dinas Perindag Kabupaten Sorong, Marthen Pahala,S.TP,M.Si juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta mewakili Bupati Sorong. Diharapkan melalui pertemuan tersebut adanya sinergi dan sinkronisasi program pembangunan sektor industri pemerintah provinsi bersama Kabupaten/Kota dalam rangka mendukung percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan ke seluruh wilayah Papua Barat.

“Saya berharap bisa terjalin kerjasama yang baik dan kordinasi dua arah antara aparat pembina Industri se Papua Barat,” Jelas Kadis Perindag Kabupaten Sorong membacakan sambutan tertulis Bupati.

Rakor Disperindag Papua Barat turut dihadiri Kepala Bagian perencanaan dan program Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kepala Badan Pusat Statistik Papua Barat, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat serta tamu lainnya. [kpb_01]

Leave a Comment