Gubernur Papua Barat Minta Masyarakat Tidak Panik, Hasil Sidak Ketersediaan Bapok dan Minyak Goreng Aman

MANOKWARI – Memastikan ketersediaan sembako menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si didampingi Kapolda beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meliputi OPD teknis menggelar sidak di lapangan, Jumat (18/3/2022).

Sidak khusus juga terhadap stok minyak goreng di pasaran sesuai Peraturan Menteri Perdagangan nomor 11 tahun 2022, Harga Eceran Tertinggi untuk curah dan Surat Edaran Permendag nomor 9 tahun 2022, relaksasi minyak goreng premium dan sederhana.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si meminta masyarakat jangan panik karena hasil pantauan sembako tersedia, utamanya minyak goreng.

“Saya bersama Pak Kapolda dan TPID melakukan sidak di pasar cek stok kita terutama sembilan bahan pokok, kedepan saudara kita umat muslim akan memasuki bulan puasa. Jadi stok kita cukup, memang minyak goreng yang dipakai di sejumlah daerah kita punya cukup tapi harga bervariasi,” Jelas Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

Pernyataan senada juga disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, George Yarangga,A.Pi.,MM bahwa stok minyak goreng di sejumlah distributor dan pasar aman. Sebagian besar para distributor juga telah melakukan order guna menjaga stabilitas.

Beberapa lokasi tujuan juga masih didapati kemasan harga subsidi sesuai ketentuan dan non subsidi mengikuti mekanisme pasar dengan harga bervariasi.

“Pantauan tadi itu tidak ada curah, baik di distributor, retail modern dan pasar berupa kemasan. Seperti di pasar itu mereka isi ulang contohnya minyak dengan produk tertentu dituang ke botol plastik untuk dijual lagi,” Beber Kadis Perindag Papua Barat.

“Itu bukan curah karena sesuai dengan Permendag nomor 11 tahun 2022 adalah tidak berlabel dan bermerk. Kesimpulan masyarakat sudah sadar untuk menkonsumsi minyak, mereka memperhatikan higenisnya,” Sambungya.

Data juga didukung melalui laporan Dinas Perindag Kabupaten/Kota melalui aplikasi Bapokting maupun grup media sosial tidak adanya minyak curah melainkan kemasan. Beberapa waktu lalu Kementerian Perdagangan juga dua kali menugaskan tim ke Manokwari maupun Kota Sorong untuk melakukan pemantauan ketersediaan minyak goreng dan komoditi lainnya.

“Jadi menjelang puasa dan lebaran dipastikan stok tersedia. Ada beberapa distributor juga menyampaikan sudah ada yang diorder,” Tandas Kadis Perindag Papua Barat, George Yarangga,A.Pi.,MM.

Berikut sasaran dalam agenda sidak di hari ini diantaranya CV. Aditya Citra Persada, Gudang Makmur Perkasa, Swalayan Orchid, Hadi Mall, dan Pasar Sanggeng. [kpb_01]

Leave a Comment