Maret 2022, Program LANDASAN Pemerintah Indonesia – Australia Resmi Berakhir

Manokwari, Program LANDASAN ( Peningkatan Kualitas Layanan Dasar yang Dirasakan Masyarakat di tanah Papua ) yang telah diimplementasikan sejak tahun 2017 di Papua Barat resmi berakhir pada Maret 2022. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia dengan fokus pada perbaikan akses masyarakat pada layanan dasar khususnya pendidikan dan kesehatan.

Dikatakan oleh Tim Kompak, Ottow Sineri dalam acara penutupan pada Jumat (4/03/2022), Sejak program ini dijalankan oleh Yayasan Kompak-Bakti bersama dengan Pemerintah Daerah Papua Barat telah terselenggara beberapa kegiatan diantaranya ; Pengembangan Sistem Informasi Kampung (SAIK+), Pengembangan Model/Mekanisme Perencanaan Pembangunan di Kampung dan Unit Layanan yang saling bersinergi, dan Pengembangan Peran Distrik dalam Binwas SInergi Kampung & Unit Layanan.

Selain itu, hadir pula dalam acara penutupan Kepala BPS Papua Barat Maritje Pattiwaella, S.E, M. Si, Kepala Diskes Papua Barat Otto Parorrongan, SKM, M.MKes, perwakilan Kepala Bappeda Papua Barat, Perwakilan Dukcapil, juga Kasie Media Diskominfo Papua Barat.

Tim Kompak-Bakti juga secara khusus memperhatikan strategi komunikasinya dalam penyampaian program mereka kepada masyarakat, dengan mengadakan beberapa pelatihan komunikasi selama periode program, diantara lain ; Komunikasi Persuasif, Media Handling, Workshop dan Monitoring, News Cafe Online/ Offline, interview dengan Media, dll.

Beberapa rekomendasi yang diharapkan oleh peserta yang datang diantaranya adanya harapan untuk keberlanjutan program serupa yang tentu dapat melanjutkan tugas mulia di tanah Papua Barat untuk memberikan akses pendidikan, kesehatan maupun bidang lainnya bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment