Tim Asistensi Kemendagri Sambangi Papua Barat

MANOKWARI – Kamis (24/2/2022, Tim Asistensi kementerian dalam negeri yang diketuai Ernawati, SE., MA bertemu langsung dengan Sekda Provinsi Papua Barat. Agenda kunjungan dimaksud Dalam rangka asistensi peningkatan kualitas keterbukaan informasi pemerintah daerah.

Untuk diketahui, hal tersebut merujuk amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. oleh sebab itu kementerian dalam negeri melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah provinsi, salah satunya dalam hal pengelolaan informasi publik.

Pendampingan oleh tim asistensi sebagaimana dimaksud dilaksanakan dalam bantuan teknis dan konsultasi diantaranya identifikasi permasalahan dan penyampaian rekomendasi tindak lanjut pengelolaan informasi publik, optimalisasi pemanfaatan aplikasi PPID, mekanisme pelayanan informasi publik, dan pemenuhan kriteria monitoring evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2022.

Tujuan berikut mendorong komitmen pimpinan di daerah dalam peningkatan kualitas keterbukaan informasi publik, meski mendapat dukungan Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda terkait kegiatan di lingkungan Provinsi Papua Barat.

Selanjutnya memastikan masyarakat di daerah memperoleh hak terhadap akses informasi publik, mulai dari penyediaan ruang layanan informasi publik, Sistim pelayanan informasi publik dan akses lainny yang sudah dikembangkan oleh Dinas Kominfo Papua Barat sebagai PPID Utama di Papua Barat.

Sekda Provinsi Papua Barat, Dr. Nataniel D. Mandacan, M.Si menjelaskan kondisi covid juga mempengaruhi dan menjadi sedikit hambatan terhadap sinergi antar OPD. kedepannya, tantangan yang harus dijawab terkait tugas dan kegiatan sehingga perlu diinformasikan kepada publik. [kpb_01]

Leave a Comment