Gubernur Papua Barat Melepas Keberangkatan 55 Peserta Ziarah Keagamaan Tahun 2022

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si resmi melepas keberangkatan rombongan ziarah keagamaan tahun 2022. Acara tersebut diawali rangkaian Ibadah bersama yang dipimpin Ketua Klasis GKI Manokwari,Pdt. J. Mamoribo, bertempat di Gedung Serbaguna Gereja Efrata Wosi, Sabtu (19/2/2022).

Dihadapan rombongan, Gubernur menuturkan pengalamannya saat berkunjung ke Israel serta asal program terlaksana sejak tahun 2003 ketika dirinya masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Manokwari.

Tahun 2003 awalnya program tersebut diusulkan oleh Alm. Pdt Wanma yang hendak mendirikan perusahaan bilamana ada kegiatan kunjungan ke Israel dapat diakomodir. Drs. Dominggus Mandacan,M.Si sebagai Bupati kemudian mendukung dan telah memberangkatkan para pimpinan keagamaan.

“Tahun 2003 itu Pendeta Wanma ketemu saya dan bicara program ke Israel. Sebagai Bupati saat itu saya sampaikan mendukung untuk buat perusahaan agar kita programkan untuk ke Israel oleh pimpinan gereja,” Urai Gubernur.

Salah satu momen yang paling berkesan saat dirinya melaksanakan ziarah ke Israel adalah berdoa di tembok ratapan sembari meminta suatu saat dipercayakan mengemban amanat sebagai Gubernur Papua Barat.

Disisi lain Gubernur berpesan agar rombongan selalu mengutamakan penerapan protokol kesehatan di karena masih dalam situasi pandemi, utamanya mengikuti anjuran pihak travel sebagai penanggungjawab.

“Pertama, perjalanan ke luar negeri ini butuhkan tenaga dan kemampuan ekstra, jaga kesehatan dan pandemi covid-19 harus taat prokes. Selalu berdoa dan bekerja agar pergi dengan sehat nanti kembali juga sehat,” Harapnya.

Pimpinan Tour and Travel Shalom Papua, Pdt. Emma Ellen Wanma juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Papua Barat yang telah memberikan kepercayaan dalam menangani urusan keberangkatan.

Selain itu urusan administrasi mulai dari tiket, visa dan kelengkapan persyaratan keberangkatan telah lengkap dan aman. Nantinya rombongan asal Papua Barat akan terbang langsung ke Negera tujuan.

Untuk program tahun 2022 terakomodir sebanyak 55 orang dan dibagi dalam dua termin.

“Kepengurusan rombongan ini karena situasi covid, saya bersyukur kepada Tuhan karena rombongan yang berangkat kal ini sudah ada legitimasi, visa, tiket dan lainnya, besok hari akan meninggalkan Manokwari. Total ada 55 orang dibagi 2, rombongan pertama besok rombongan kedua tanggal 20 bulan depan,” Tambah Pimpinan Travel Shalom Papua.

“Rombongan langsung diterima oleh pemerintah Israel karena tidak lewat negara lain tapi kali ini langsung,” Tandas Pdt. Emma Wanma. [kpb_01]

Leave a Comment