Dinas Sosial Papua Barat Salurkan Bantuan Modal Usaha Pondok Pinang Bagi Mama Papua

MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Sosial menyerahkan Bantuan Modal Usaha Pondok Pinang kepada Mama-mama Asli Papua, dipusatkan pada Aula Lantai III Kantor PT. Bank Papua, Jumat (18/2/2022).

Sambutan Gubernur yang disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa menjelaskan mewujudkan kehidupan layak dan bermartabat dan menjamin kesejahteraan sosial, maka negara memiliki menyelenggarakannya. Hal tersebut juga tertuang dalam amanat Undang-undang nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 perubahan Undang-undang nomor 2 tahun 2021 tentang Otonomi Khusus.

“Kiranya modal bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga meningkatkan modal Usaha. Kita mencoba merubah pola dan pondok pinang ada manajemennya. Jangan dipakai untuk lain harus ada keuntungan dapat disimpan,” Jelas Asisten II Setda Papua Barat.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Barat, Lasarus Indow,SP.,MM merasa bahagia berkat kordinasi dan komunikasi yang baik sehingga bantuan modal usaha bagi mama Papua dapat berjalan dengan sesuai harapan.

Perlu diketahui sejak tahun 2017 lalu telah diberikan bantuan sejumlah 661 di sejumlah Kabupaten dan Kota di Papua Barat. Adapun jumlah penerima yang terakomodir pada penyerahan kali ini sebanyak 434 penerima.

“Bantuan modal usaha dirincikan, jumlah pondok 661, dapat tersebar Manokwari, Raja Ampat, Kaimana ,Teluk Wondama, Sorong Selatan, Kota Sorong serta Pegunungan Arfak. Jumlah penerima bantuan modal usaha Sebanyak 434 orang, dianggarkan pada APBD perubahan tahun 2021 sebesar 2 milyar 172 juta rupiah. Masing-masing orang 5 juta rupiah,” Tambah Kepala Dinas Sosial Papua Barat.

“Kelanjutan dari program bantuan usaha ini, Tahun Anggaran 2022 sebanyak 227 mama Papua yang belum menerima bantuan usaha, total anggaran 1 milyar 135 juta rupiah,” Sambungnya.

Ketua Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gabpeknas) Papua Barat, Robi Wanggai juga menuturkan pihaknya sebagai mitra pemerintah selalu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dirinya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Papua Barat yang telah mempercayakan putra Papua dalam proses pembangunan program bantuan pondok pinang yang tersebar di beberapa wilayah. [kpb-01]

Leave a Comment