Kepala Balitbangda Papua Barat Terima Kunjungan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek

MANOKWARI – Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Hilmar Farid, Ph.D dan tim yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Provinsi Papua Barat memberikan waktu bertemu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si, Kamis (3/2/2022).

Kepala Balitbangda Papua Barat kemudian memperkenalkan, menyajikan informasi kinerja dan pencapaian-pencapaian Pemerintah melalui layar Dash board Dasi Brida. Selain itu menjelaskan antusiasme pemuda di Papua Barat cukup tinggi, sehingga Pemda melalui Balitbangda membuat data base Profil Usaha para pelaku usaha pemuda serta bekerjasama dengan Mitra Pembangunan. Hal ini tentu akan mempermudah intervensi pemerintah daerah sesuai dengan tupoksi dari masing-masing OPD dan para pihak lainnya di Provinsi Papua Barat.

“Ini merupakan bagian dari proses memperbaiki dan menjaga relasi yang baik antara Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Mitra Pembangunan untuk melindungi kekayaan Tanah Papua”, jelas Profesor Heatubun.

Pengembangan konsep Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Papua Barat juga disinggung, dimana ini menjawab pertanyaan penting Dirjen Kebudayan terkait keberadaan spesimen-spesimen perikehidupan alam (natural history) Tanah Papua yang saat ini tersimpan dan terpencar di beberapa lembaga, salah satunya di Universitas Papua.

Profesor Heatubun menambahkan dalam proses percepatan pembangunan KSPN ini, salah satunya adalah tentang pendirian Museum Perikehidupan Alam (Natural History Museum) di Kawasan Hutan TWA Gunung Meja, Manokwari.

“Rencana pembangunan museum ini adalah untuk menyimpan spesimen-spesimen rujukan (reference collections) yang kemudian hari akan menjadi warisan ilmu pengetahuan dan berguna bagi generasi yang akan datang,” Terangnya. [kpb_01]

Leave a Comment