Pembukaan Temu Ilmiah Sekaligus Pelantikan Pengurus DPK IKAPTK Se-Papua Barat

RAJA AMPAT – Pembukaan Temu Ilmiah Pola Pemerintahan Dalam Era Otonomi Khusus yang digelar di Waisai, Kabupaten Raja Ampat telah resmi dibuka Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si, Kamis (25/11/2021) bertempat di Gedung Pari, Pukul 21.00 WIT.

Acara diawali pelantikan Dewan Pengurus Kabupaten Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten/Kota Se-Papua Barat oleh Ketua DPP IKAPTK, Derek Ampnir.

Ketua Dewan Pengurus Nasional IKAPTK yang juga menjabat sebagai Dirjen OTDA Kemendagri, Dr. Akmal Malik, M.Si menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini sembari mengisahkan pengalaman sebagai purna praja.

Dirinya juga mendorong IKAPTK setiap daerah membuka wawasan dalam mengembangkan usaha dalam berbagai jenis. Selanjutnya mencari kader terbaik yang dipersiapkan untuk mewarnai kebijakan di Indonesia.

“Harusnya IKAPTK punya usaha, sudah tidak zaman organisasi ini mungut iuran dari anggota. Purna praja harus berani berubah kalau tidak selamanya kita jadi pengikut . ada 47 ribu purba praja seluruh Indonesia,” Himbau Dr. Akmal Malik, M.Si.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

Gubernur mengapresiasi DPP IPAPTK yang menginisiasi temu ilmia sebagai sosialisi Undang-undang Otsus bagi Papua, khususnya kalangan birokrasi pemerintahan. Tak lupa harapan kepada generasi penerus praja agar pada tempat tugas selalu memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah bangsa, utamanya mengenal adat dan istiadat setempat.

“Saya ajak adik-adik tamatan sekolah tinggi praja, kita sebagai teratai ketika ditempatkan dimana pasti tumbuh berkembang. Dimana tempat kita bertugas belajar adat dan pahami situasi. Saya harap adik-adik mari ikuti senior sehingga diberikan tugas benar ada di tempat untuk kerja, ini penting,” Tambah Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,MSi.

Mewakili pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Sekda Dr. Yusuf Salim,M.Si yang menyampaikan penghargaan karena daerahnya dipilih sebagai lokasi pelaksanan temu ilmiah.

“Sekali lagi kami pemerintah kabupaten Raja Ampat apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya ketua dan pengurus IKAPTK menjadikan raja Ampat sebagai lokasi temu ilmiah sekaligus pelantikan. Ini bentuk dukungan provinsi dalam rengka pengembangan pariwisata raja Ampat,” Singkatnya. [kpb_01]

Leave a Comment