Gubernur Mandacan Lantik Pengurus Kerukunan Keluarga Serui-Ambai Kabupaten Manokwari

MANOKWARI – Sabtu, (20/11/2021) Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si melantik Pengurus Kerukunan Keluarga Besar Ambai-Serui Kabupaten Manokwari sesuai hasil Musyawarah pertama. Agenda tersebut mengusung tema dengan semangat masyarakat adat Ambai Serui kita membangun rasa kebersamaan dalam rangka mewujudkan eksistensi di era globalisasi.

Disambut dengan tabuhan Difa dan tarian, Gubernur mengucap terimakasih dan mengingatkan dirinya pada 21 tahun lalu tinggalkan tempat tugasnya di Serui Yapen Waropen. Dirinya mengingatkan kepada pengurus yang telah dilantik segera membangun konsolidasi internal demi merealisasikan program organisasi.

Pembangunan dan kemajuan Papua Barat tidak terlepas atas dukungan dan kontribusi keluarga besar masyarakat Ambai.

“Terimakasih banyak keluarga besar SeruiAmbai Yapen sudah menyambut dengan tarian dan tifa. Ini mengingatkan saya 21 tahun lalu tinggalkan Serui ataupun waktu itu Yapen waropen. Semua keluarga besar Ambai Serui harus menghargai hasil dan keputusan musyawarah agar tidak muncul kepala-kepala suku tandingan,” Ucap Gubernur Papua Barat.

Dijabarkan Gubernur tidak seorangpun dapat mengerti budaya selain kita sendiri. Oleh karena itu martabat dan jati diri dapat dihormati bersama. Keamana dan ketertiban juga dijunjung tinggi agar persatuan antar suku berjalan baik.

“Manokwari rumah kita bersama yang harus kita tinggal dan rukun damai, keluarga Ambai-serui Yapen yang ada di pinggiran kota, pedalaman dimana saja. Keluarga Ambai-Serui ada dimana jangan kemana-mana. Ikut punya kontribusi bangun Papua Barat maupun Indonesia.

Ketua Kerukunan Keluarga Besar Serui-Ambai Terpilih, Yakobus Wanggai,SH sejak lama kerinduan sebagai satu wadah organiasi masyarakat dan hari ini dapat terlaksana. Dirinya menyampaikan penghormatan kepada para pendahulu yang telah berjuang demi masa depan anak cucu.

Tak lupa dengan tegas dirinya menyatakan dukungan dalam membantu terlaksananya program Pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Kabupaten Manokwari. Perlu diketahui dukungan serta suksesnya acara melibatkan 17 Kereth/Marga dan melalui pra musyawarah.

“Kami akan melakukan kordinasi lintas kepengurusan kabupaten/kota untuk menentukan arah kebijakan dan program dan untuk pemerintah Gubernur Papua Barat kami akan mendukung. Kami ada dimana-dimana, tapi tidak kemana-mana, akan berikan support mendukung pemerintah,” Tambah Yakobus Wanggai,SH.

“Anak-anak Ambai juga harus menjadi bagian dari pembangunan ini. Harus melepas ego untuk mempersatukan anak-anak Ambai,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment