Maknai Hari Sumpah Pemuda, #AksiMudaJagaIklim Serentak 76 Titik di Indonesia

JAKARTA – Rabu (27/8/2021) Memperingati hari Sumpah Pemuda, Yayasan EcoNusa yang merupakan mitra pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat menginisiasi gerakan anak muda untuk melakukan kampanye aksi jaga iklim bertajuk #AksiMudaJagaIklim.

Gerakan akan berlangsung tepat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda secara serentak di 76 titik seluruh tanah air merupakan wujud nyata anak muda Indonesia terhadap keresahan akan krisis iklim yang semakin mendekat.

Suhu udara yang makin panas, musim hujan dan kemarau yang tidak menentu serta cuaca ekstrem seperti badai yang belum pernah terjadi sebelumnya sudah melanda Indonesia. Tanda-tanda krisis iklim yang sudah terlihat nyata ini yang memicu anak muda Indonesia mulai sadar dan bersuara akan pentingnya menjaga bumi dari ancaman krisis iklim.

CEO Yayasan EcoNusa, Bustar Maitar menyatakan bahwa krisis iklim sudah mulai terasa saat ini, dan kita harus tanggap dengan bergerak bersama dari sekarang untuk menahan laju perubahan iklim.

“Gerakan bersama khususnya anak muda Indonesia dalam perlindungan sumber daya alam harus didorong terus untuk memperluas kesadaran akan bahaya
krisis iklim di masa sekarang dan masa depan.” ujarnya.

Perlu diketahui dari Hasil Sensus Penduduk 2020 tercatat bahwa generasi Z (8-23 tahun) dan generasi milenial (24-39 tahun) saat ini mendominasi kurang lebih 50 persen dari total penduduk Indonesia. Hal ini memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia berpotensi untuk melakukan perubahan yang baik. termasuk didalamnya perubahan tata kelola sumber daya alam yang lebih baik untuk masa depan bumi.

Dr. Kusdiantoro, S.Pi., M.Sc. mengatakan bahwa KKP berkomitmen membangun sektor kelautan dan perikanan dengan pendekatan blue economy, dan diyakini bisa dilakukan dengan tetap menjaga ekosistem sumber daya pesisir dan kelautan.

“Melalui gerakan bersama ini harapannya bisa memberikan dampak positif bagi ekosistem, juga memberikan inspirasi dan manfaat bagi masyarakat,” Tambah Dr. Kusdiantoro, S.Pi., M.Sc.

Koordinator #AksiMudaJagaIklim, Bryan Auriol mengatakan dari 76 titik di seluruh Indonesia secara bersamaan dengan 3 lokasi utama yakni Jakarta, Makassar dan Ambon.

“Total ada 10 mitra pelaksana, 19 mitra pendukung, dan 109 komunitas yang bergabung dalam #AksiMudaJagaIklim besok,” Tandasnya.

Rangkaian kegiatan akan dilakukan pada 28 Oktober 2021 tersebut mulai dari aksi tanam pohon, tanam mangrove, bersih pantai, penanaman kerang hijau, pemutaran film pendek, dan lainnya. Diharapkan anak muda Indonesia memaknai Sumpah Pemuda dengan aksi nyata untuk lingkungan, sehingga terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar membawa dampak perubahan baik untuk lingkungan dan iklim global.

Konferensi Pers #AksiMudaJagaIklim bertajuk Aksi Kolaborasi: Jaga Iklim dengan Birukan Laut, Hijaukan Bumi terlaksana dengan narasumber Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa, Dr. Kusdiantoro, S.Pi., M.Sc., Plt. Kepala Badan Riset dan Sumber
Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Esterlina Muabuay, Eco Defender dan Bryan Auriol, Koordinator #AksiMudaJagaIklim. [kpb_01]

Leave a Comment