Upacara Peringatan Hut Ke-22 Provinsi Papua Barat

MANOKWARI- Momentum peringatan hari ulang tahun Ke – 22 Provinsi Papua Barat merupakan landasan maju dan bersama membangun Indonesia dari Timur. Peringatan juga digelar bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Papua Barat, Arfai, dihadiri, Toko pemekaran, para forkopimda, dan Pimpinan OPD, Selasa (12/10/2021).

Dalam amanatnya, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si mengajak segenap warga merenungkan kembali kehadiran Provinsi yang merupakan karunia Tuhan yang Maha Kuasa. Selain itu pada hakekatnya upaya pemekaran dan pembentukan daerah otonom baru selalu ditujukan demi meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan umum kepada masyarakat.

“Karena itu dari hati yang paling dalam saya mengajak kita semua untuk mengisi dan membangun Provinsi Papua Barat agar kehadiran dan manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat dan Indonesia pada umumnya,” Kata Gubernur Mandacan.

22 Tahun hadirnya Provisi Papua Barat harus dipahami sebagai suatu periode waktu pendewasaan diri, niat suci, yang telah ditanamkan dalam sanubari anak bangsa. Singkatnya pada masa itu Provinsi Papua Barat merupakan Provinsi ke 31 dan kedua di Tanah Papua melalui tahapan sejarah panjang dan keterlibatan sejumlah pihak.

Gubernur mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran dan keberadaan Provinsi ini sejatinya bukan demi kepentingan politik sesaat, tetapi lebih dalam mensejahterakan kehidupan bersama.

“Lintas sejarah dan hekekat pemekaran dapat menyadarkan kita semua bahwa keberadaan Provinsi Papua Barat bukan untuk kepentingan politik sesaat, tetapi harus dimaknai dan disikapi sebagai daerah baru yang betul diperjuangkan anak negeri,” Tandasnya.

Usai upacara, Gubernur menyerahkan penganugerahan tanda jabatan Satyalancana Karya Satya kepada 127 ASN. Selanjutnya diserahkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemprov Papua Barat, Kabupaten Manokwari dan Fak-Fak. [kpb_01]

Leave a Comment