Wakil Gubernur Papua Barat Kunjungi Situs Batu Peradaban di Teluk Wondama

TELUK WONDAMA – Batu Peradaban Orang Papua yang terletak di Kaki Bukit Aitumeri, Kabupaten Teluk Wondama memiliki kisah panjang sebagai sejarah yang tak pernah terlupakan.

Sebelum kembali ke Manokwari, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani,S.H.,M.Si didampingi Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama beserta forkopimda mengunjungi situs sejarah tersebut. Sejumlah perbincangan pun terbangun mengulas singkat cerita, Sabtu (9/10/2021).

Dijelaskan Bupati Ir. Hendrik S. Mambor, MM pada tempat inilah dimulai proses pendidikan formal dan non formal bagi generasi penerus Papua, tepatnya Tahun 1925 silam. Dirinya memiliki harapan besar situs bersejarah tetap bernaung dalam sanubari generasi Papua, serta menjadi saluran berkat untuk sesama.

Tidak hanya itu, proses renovasi lingkungan situs batu peradaban sementara melewati tahapan agar nantinya menjadi warisan generasi penerus.

Menanggapi penjelasan Bupati, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani,S.H.,M.Si mengapresiasi langkah pemerintah Teluk Wondama. Selain itu terharu dengan perjuangan para pendahulu yang dengan hati iklhas datang dan memberi ilmu kepada generasi Papua.

“Saya hanya membayangkan bahwa pada masa itu betapa susahnya tetapi bisa sampai disini. Ini sesuatu yang luar biasa dan harus tetap wariskan sejarah bagi generasi kita,” Singkat Wagub Lakotani. [kpb_01]

Leave a Comment