Pemprov Papua Barat Terima Hadiah Juara II Paritrana Award 2020 Kategori Tingkat Provinsi

MANOKWARI- Pemerintah Papua Barat menerima hadiah sebagai juara ke II tingkat Provinsi, Penganugerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana) Award Tahun 2020. Dalam acara tersebut turut diserahkan bantuan santunan kematian senilai 42 juta rupiah program Tangan kasih kepada 4 orang ahli waris, Sabtu (25/9/2021).

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan memaparkan menjadi keharusan perusahan menjamin pekerjanya dengan BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya saat pandemi covid-19 pihaknya melakukan refocusing anggaran penanganan kesejahteraan kepada pekerja formal dan informal salah satunya melalui program tangan kasih.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada BPJS Ketenagakerjaan karena telah menjalin kerjasama yang baik bersama pemerintah.

“Pandemi covid-19 ada refocusing anggaran terutama kami di provinsi. Kami juga punya program tangan kasih kepada pekerja formal dan informal di tahun 2020 dan 2021 ditambah disabilitas dan lintas agama, total sebanyak 53.066 orang,” Ujar Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

Pegawai honorer tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota kedepannya dogodok terlindungi jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang diawali sosialisasi berjenjang. Gubernur menegaskan capaian juara 2 Paritrana Award tahun 2020 bukan merupakn target utama melainkan upaya pemerintah dalam melindungi pekerja formal, informal dan honorer.

“Target kita memberikan perlindungan kepada para pekerja formal dan informal termasuk honorer. Tahun 2019 kita dapat urutan 3, tahun 2020 urutan 2, ternyata ada yang belum kita lakukan semua,” Tambahnya.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin mengaku pihaknya tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan pemerintah daerah. Oleh karena itu kedepannya koordinasi akan lebih ditingkatkan berlaitan dengan perlindungan tenaga kerja.

“Sekarang sudah ada inpres yang lahir terinspirasi dari Papua Barat. Intinya mendorong semakin banyak orang terlindungi. Kami tidak bisa kerja sendri, terimakasih Bapak Gubernur bersama jajaran mendukung luar biasa,” Jelas Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin.

“Kami tim dari pusat, kami siap menjadi bagian dari Papua Barat Provinsi pertama universal covereage,” Imbuhnya.

Deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banuspa, Toto Suharto melaporkan bahwa tahun 2020 wilayahnya merajai Paritrana Award berlat dukungan dan kerja keras semua pihak. Menurut Toto, perlindungan pekerja merupakan prinsip sebagai suatu kewajiban tetapi kebutuhan karena resiko dapat terjadi dimana saja.

“Kami laporkan kepada Bapak Gubernur dua juara diraih kategori pemerintah kota dan kabupaten. Pemprov meraih juara 2 dalam kategori provinsi, ini adalah peningkatan,” Tandas Deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banuspa.

Penyerahan simbolis kunci 1 Unit Mobil Kijang All New Innova Type G A/T kepada pemerintah Papua Barat turut disaksikan Kajati Papua Barat, Kepala Biro Kesra Setda Papua Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Papua Barat, Kepala Badan Pusat Statistik Papua Barat serta tamu undangan lainnya. [kpb_01]

Leave a Comment