Gubernur Letakan Batu Pembangunan Sekretariat FKUB Papua Barat, Anggaran 4,8 Miliar

MANOKWARI- Jumat (10/9/2021) Telah Dilaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua Barat. Lokasi pembangunan berada di wilayah Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat turut dihadiri para forkopimda.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si dalam sambutannya menjelaskan untuk diketahui bersama urusan keagamaan merupakan kewenangan pemerintah pusat. Akan tetapi sesuai keputusan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan 9 tahun 2006 telah mengamanatkan pelaksanaan tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama serta rumah ibadah.

Selanjutnya mewujudkan visi misi pemerintah yakni “Membangun dengan hati, Mempersatukan dengan Kasih menuju Papua Barat yang aman, sejahterah dan bermartabat”.

“Kita memiliki kewajiban untuk menjamin kebebasan, membina kerukunan dan melindungi semua umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya. Sesuai dengan tujuan itu, Pemerintah Provinsi memberikan dukungan kepada setiap lembaga keagamaan termasuk FKUB di Papua Barat,” Ucap Gubernur.

“Selaku pemerintah dan Gubernur Papua Barat berharap rumah Pancasila ini segera dikerjakan/dibangun dan diresikan sebagai kantor atau tempat yang representatif. Dari rumah Pancasila ini kita kita wujudkan Papua Barat sebagai rumah kebhinekaan umat yang rukun, toleran dan harmoni,” Harap Gubernur.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Bina Mental Spiritual, Biro Kesra Setda Papua Barat, Yan Piet Moso,S.Sos menyampaikan laporannya. Pembangunan Kantor Sekretariat FKUB Papua Barat sebagai sarana menunjang aktifitas tugas dan peran serta fungsi pelayanan organisasi. Selainitu sebagai simbol rumah Pancasila bagi lima agama dalam mewujudkan kehidupan toleransi, kebhinekaan, dan kerukunan yang harmoni.

Besaran anggaran pembangunan 4,8 Miliar Rupiah yang bersumber dari APBD Papua Barat tahun 2021. Gedung yang dirancang berlantai dua tepat di puncak Amban.

“Pembangunan Gedung Kantor FKUB Papua Barat bersumber dari APBD Papua Barat (DPA) Biro Kesra dengan pagu dana sebesar empat miliar tiga ratus juta rupiah. Total 4,8 miliar termasuk hibah pelepasan tanah. Pembangunan ini dimulai September 2021 dan ditargetkan selesai juga 2021,” Urai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan, Yan Piet Moso,S.Sos.

Ketua FKUB Papua Barat, Pdt. Sadrak Simbiak, M.Th mengajak semua pihak tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Provinsi Papua Barat juga memiliki index kerukunan umat beragama 82,1 tertinggi diatas rata-rata seluruh Indonesia.

Hadirnya sekretariat FKUB hendaknya menjadi wadah menjalin koordinasi antar agama sehingga dapat memiliki keseimbangan demi terwujudnya kedamaian di Tanah Papua Barat.

“Berharap di tempat ini kita membangun kesejukan lintas umat beragama. Nilai yang lahir dari keluhuran diwujudkan bersama dalam kedamaian,” Tandas Ketua FKUB Papua Barat. [kpb_01]

Leave a Comment