Jelang Tiga Pekan, 2.773 Paket Bantuan Bapok Bagi Warga Penerima Vaksin Telah Diserahkan

MANOKWARI SELATAN- Menjelang tiga pekan gelaran vaksinasi massal covid-19 secara merata oleh pemerintah Papua Barat telah menyentuh presentase 25,6 persen. Sesuai arahan Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, warga non Asn dan TNI/Polri turut diberikan bantuan Bapok yang kini jumlahnya mencapai ribuan paket.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, George Yarangga, A.Pi.,MM saat dikonfirmasi menerangkan jumlah bantuan Bapok yang diserahkan usai menerima vaksin beragam. Pasalnya terdapat lokasi yang melebihi target dan ada pula yang minim kehadiran, karena sasaran hanya penerima vaksin hari itu saja.

“Mulai tanggal 6 Juli sampai hari ini, baik di Manokwari, Kabupaten Sorong, Kota Sorong dan Manokwari Selatan ini sudah 2.773 paket bantuan bahan pokok disalurkan. Memang arahan Gubernur kita siapkan stok bapok lebih, ternyata kehadiran warga melakukan vaksinasi terbatas sehingga ada kelebihan Bapok yang harus dikembalikan untuk disiapkan pada jadwal berikutnya,” Urai Kadis Perindag Papua Barat, Kamis (22/7/2021) usai penyerahan di Kabupaten Manokwari Selatan.

Pihak Disperindag juga tetap melakukan koordinasi bersama Dinas Kesehatan berkaitan dengan target serta titik pelaksanaan agar disesuaikan ketersediaan Bapok.

Diakui Yarangga, awalnya terpantau antusias warga masih sedikit, akan tetapi seiring dilakukan telah mengalami peningkatan. Lokasi yang banyak dihadiri antara lain Kompleks Sanggeng, Arowi, Anggori, Fanindi, Kejaksaan Tinggi Papua Barat dan fanindi pantai rata-rata 70-80 persen dari target.

“Ini merupakan bantuan karena telah dijelaskan Bapak Gubernur pada saat vaksin warga tidak ke kebun, melaut dan bekerja sehingga membantu. Bantuan Bapok itu kita khususkan kepada masyarakat bukan ASN atau TNI/Polri sehingga bisa saja yang melakukan vaksin lebih tetapi jumlah penerima Bapok tidak sama” Tambahnya.

“Sesuai petunjuk kami terus menyediakan kebutuhan kepada warga yang menjalani proses vaksinasi di lokasi selanjutnya,” Tandas George Yarangga, A.Pi., MM. [kpb_01]

Leave a Comment