Gubernur Dominggus Mandacan Buka Rakornis Perindag PB, Percepatan Ekonomi Prioritas

TELUK WONDAMA- Gubernur Drs. Dominggus Mandacan secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Disperindag Provinsi Papua Barat Tahun 2021, berlokasi di Gedung Sasana Karya, Perkantoran Bupati, Senin (14/6/2021).

Perlu diketahui, pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua barat terus mengalami perbaikan dan saat ini sedang menuju trend positif, di banding tahun lalu pertumbuhan ekonomi bergerak. Gubernur meminta agar semua pihak agar mengembangkan serta berkontribusi terhadap agenda strategis pemerintah.

“Dalam kaitan ini, saya minta kita semuanya sekali lagi bekerja keras, dan saya minta agar kebijakan perdagangan memberikan kontribusi besar terhadap agenda strategis pemulihan perekonomian kita. Rapat koordinasi yang dilaksanakan saat ini merupakan upaya positif dan merupakan tanggung jawab Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, dalam rangka menyamakan persepsi dan pemikiran dalam pembangunan, pengembangan serta penumbuhan wirausaha baru secara khusus,” Ujar Gubernur, Drs Dominggus Mandacan.

Gubernur menambahkan disisi lain memiliki peran strategis guna mendukung percepatan pembangunan. Sebagaimana sektor perdagangan berperan dalam mendukung kelancaran penyaluran arus barang dan jasa, memenuhi kebutuhan pokok rakyat, serta mendorong pembentukan harga yang wajar. Sektor industri berperan dalam hal akselerasi pembangunan dengan memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mampu menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi pada berbagai komoditas yang dihasilkan.

“Bidang perdagangan dan perindustrian, ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kedua bidang ini mempunyai peran strategis dalam upaya untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah dan nasional,” Tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, George Yarangga, A.Pi, MM, menuturkan Kegiatan Rakornis terlaksana dengan tujuan  tercapainya kesepahaman dalam pengambilan keputusan tentang perindustrian dan perdagangan, yang berpihak sekaligus memberdayakan masyarakat lokal, pelaku usaha, dan industri orang asli Papua.  Disamping itu sebagai keselarasan presepsi dan akselerasi dalam peningkatan daya saing masyarakat.

“Dasar pelaksanaan melalui DPA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat nomor : 3.31.01.1.06.09 TA 2021. Memadu serasikan program dan kegiatan sektor Perindustrian dan Perdagangan bersama OPD tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota. Kita juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, Bappenas dan Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar,” Jelas Kadis Perindag Papua Barat, George Yarangga, A.Pi., MM.

Peserta rakornis berjumlah 40 orang, digelar 3 hari serta berasal dari utusan Dinas yang membidangi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/kota se- provinsi papua barat.

Dalam Kesempatan itu juga dilakukan penyerahan aset tetap, pasar Sanduay Kepada Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama yang dibangun menggunakan dana APBD tahun 2013. [kpb_01]

Leave a Comment