Kadis Kominfo Papua Barat Optimis SPBE 2020 Catatkan Peningkatan Signifikan

MANOKWARI- Sinergitas 9 Tim Asesor Papua Barat dalam mengevaluasi serta mengkaji sejumlah indikator sehubungan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik telah dilaksanakan. Hal itu merupakan tindaklajut sesuai amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 59 Tahun 2020.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia, S.Sos., M.M menjabarkan Permenpan RB Nomor 59 Tahun 2020 telah mendorong Gubernur Papua Barat menerbitkan SK Gubernur Nomor : 555/106/2021 tentang Tim Asesor Internal SPBE di Papua Barat.

“Rapat kerja evaluasi SPBE Papua Barat, kita tindaklanjuti amanat Permenpan RB Nomor 59 tahun 2020, untuk kita masing-masing daerah segera melakukan evaluasi terhadap tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Ada 9 tim asesor yang hadir dan tadi bersama kita lakukan kajian atas indikator-indikator yang harus diisi oleh tim asesor ini. Berkaitan dengan penilaian,” Beber Kadis Kominfo Papua Barat, Frans P. Istia, Senin (07/6/2021).

Lebih lanjut dijelaskan Istia, dalam evaluasi telah dibagikan kuesioner, berharap dalam waktu dekat dapat dilakukan penginputan data.

“Kuisioner sudah bagi, kita mendorong setidaknya hari Rabu sudah terkumpul dan tugas operator akan melakukan penginputan semua data dan dokumen yang ada. Ini penting supaya kita mendorong agar hasi penilaian SPBE Papua Barat dapat meningkat pada tahun 2021 ini,” Sambungnya.

Proses selanjutnya jika kuesioner telah diinput akan diverifikasi oleh koordinator. Kemudian sebagai pemegang user, koordinator akan mengirim dokumen/data asesor ke Menpan RB.

“Setelah data dan dokumen itu terkumpul dan tugas terakhir sebagai koordinator adalah Bapak Sekertaris Daerah melakukan verifikasi terakhir. Selanjutnya Bapak Sekda sebagai pemegang user melakukan pengiriman data dokumen itu ke tim asesor pusat di menpan RB,” Urai Kadis Kominfo.

Sebelumnya pada tahun 2018 lalu telah dilakukan evaluasi pertama, hasilnya posisi SPBE Papua Barat masih dalam kategori kurang memuaskan.

Dirinya optimis hasil evaluasi Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik Tahun 2020 yang dibahas hari ini, nantinya akan menuai hasil memuaskan ditandai peningkatan signifikan. Dasar utama ungkapan dimaksud tentu berawal dari kinerja 9 Tim Asesor Papua Barat yang maksimal.

“Ini kita evaluasi SPBE tahun 2020, memang sebelum covid tahun 2018 dan posisi SPBE kita kategori kurang baik, sehingga ini langkah pertama bersama 9 asesor untuk kita mendorong perbaiki dan meningkatkan kredit. Saya sangat yakin tahun 2021 hasil penilaian 2020 akan mengalami peningkatan signifikan, karena hasil pembahasan tadi sudah menunjukan bahwa masing-masing tim telah melengkapi dengan data dan penjelasan,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment