Deputi IV BSSN RI Sosialisasikan Produk Keamanan Siber dan Sandi di Papua Barat

MANOKWARI- Deputi IV Bidang Pemantauan dan Pengendalian Produk Keamanan Siber dan Sandi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Pusat mengunjungi Provinsi Papua Barat. Kegiatan yang dipusatkan pada salah satu hotel di Manokwari turut melibatkan Dinas Kominfo dari sejumlah Kabupaten/Kota Se-Papua Barat, Selasa (30/3/2021).

Ketua Tim Sosialisasi Diseminasi Kebijakan Direktorat Pemantauan dan Pengendalian Produk Keamanan Siber dan Sandi, Dian Novemia menuturkan materi yang disampaikan sangat penting, mengingat banyak produk yang telah dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Pihaknya juga berusaha membuat suatu kebijakan bagi pengendalian dan peredaran, karena bidang TI maupun keamanan tidak dapat dipisahkan.

“Kami mengenalkan standarisasi keamanan TIK. BSSN berusaha membuat standar produk yang bisa digunakan dan dijamin keamanannya. Kami juga mengenalkan layanan Deputi IV sudah ada standarisasi dan sertifikasi produk,” Beber Ketua Tim, Dian Novemia.

Selanjutnya, sambung Dian, untuk Pemerintah daerah saat ini masih sebagai penerima, sehingga diharapkan tetap menjaga keamanan informasi dengan produk tersertifikasi. Mengingat jumlah produk TI sangatlah banyak, kedatangan dan sosialisasi masih berfokus pada bidang jaringan.

“Pemda sendiri masih sebagai user atau penerima, Kami mengharapkan ada security awareness dari Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menjaga keamanan informasinya dengan menggunakan produk keamanan TI yang telah disertifikasi. Produk TI ini banyak sekali ragamnya, terutama yang kami khususkan disini adalah bidang jaringan, karena menjadi garda terdepan kemanan informasi dilingkungan pemerintah,” Sambungnya.

Kepala Bidang Persandian, Dinas Kominfo Provinsi Papua Barat, Zaenal Fanumby menambahkan sekira materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik demi kemajuan bersama. Kemudian proses tanya jawab menjadi prioritas serta harap dimaksimalkan.

Tidak lupa himbauan agar para peserta tetap mengutamakan protokol kesehatan karena masih berada dalam situasi pandemi covid-19.

“Teman-teman nanti bisa bersama mengikuti materi yang disampaikan dari rekan Deputi IV BSSN, ini semua untuk kebaikan dari teman di Kabupaten/Kota dan kami pemerintah Provinsi Papua Barat,” Harap Kabid Persandian, Zaenal Fanumby.

“Tetap kita melaksanakan protokol kesehatan, saling menjaga dan menghindari pandemi yang sedang terjadi ini,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment