Launching CSIRT di Papua Barat Target Bulan Mei 2021

MANOKWARI- Tidak lama lagi, Pemerintah Provinsi Papua Barat akan memiliki Computer Security Incident Response Team. Apabila berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan, kemungkinan peluncuran dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

“Kita kemarin sudah lakukan persiapan dan rencananya bulan Mei ada peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSRIT). Itu Wilayah 2, kami Papua Barat dengan Sulawesi tenggara,” Papar Kabid Persandian, Diskominfo Papua Barat, Zaenal Fanumby, Selasa (30/3/2021).

Mensukseskan agenda dimaksud perlu adanya dukungan pihak Kabupaten/Kota karena menjadi tujuan selanjutnya pembentukan CSIRT secara berjenjang.

“Saya harapkan teman-teman juga mempersiapkan hal itu, karena kedepannya CSRIT ini akan dibangun pada Kabupaten/Kota. Memang awalnya permintaan ke tiap daerah ini banyak maka diprioritaskan dulu ke pemprov, nanti kordinasi,” Tambahnya.

Sempat diberitakan sebelumnya Tim Persiapan Pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia telah mengunjungi Papua Barat pada tanggal 3 Maret 2021 lalu.

Agar diketahui bersama, pembentukan CSIRT bertujuan untuk menjaga dan mengantisipasi adanya insiden atau serangan Siber yang dilakukan oleh pihak tidak berkepentingan/peretas untuk menganggu sistim informasi serta jaringan, transponder, ifrastruktur, pemerintah.

Apalagi pada Tahun 2021, Provinsi Papua Barat masuk dalam target RPJM Program Prioritas Nasional Pembentukan CSIRT di Pemerintah Daerah. Nantinya Tim CSIRT akan bekerja dan berkolaborasi dengan Pemda, instansi lainnya serta Badan Siber dan Sandi Negara mengantisipasi serangan Siber. [kpb_01]

Leave a Comment