Bapok Tahap III dan Tangan Kasih Tahap II Untuk Bintuni Diserahkan Gubernur Dominggus Mandacan

TELUK BINTUNI- Pemerintah Provinsi Papua Barat kembali menyerahkan bantuan Bapok Tahap III dan Tangan Kasih Tahap II di Kabupaten Teluk Bintuni, yang dipusatkan pada Gedung Serbaguna, Jumat (05/03/2021).

Sejak tahun 2020, Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota telah merevisi APBD berkisar 35 sampai 50 persen untuk menangani Pandemi Covid-19. Anggaran tersebut difokuskan dibidang Kesehatan dan Jaringan pengaman sosial dan Pemulihan ekonomi.

Berlanjut ke Tahun 2021, keseluruhan jumlah Bahan Pokok di seluruh Papua Barat masih sebanyak 82.963 paket dan 52.317 paket pemberian bantuan Tangan Kasih.

Khusus di Kabupaten Teluk Bintuni, pada tahap pertama dan kedua dalam jumlah yang sama sebanyak 5.075 dan tahap ketiga terdapat penambahan 254 paket sehingga keseluruhan tahapan mencapai 5.239.

“Berkaitan dengan program sosial, kita punya program bantuan bapok melalui lembaga keagamaan. Kita sudah mendapatkan data dari Kabupaten/Kota, sesuai anggaran, data sudah ditetapkan dan penyaluran melalui lembaga keagamaan,” Jelas Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya.

“Tahap ketiga hari ini, keseluruhan di Papua Barat ada 82.963 paket. Untuk Bintuni tahap ketiga ada tambahan 254, sehingga totalnya 5.239 paket,” Sambungnya.

Program selanjutnya yang diserahkan yakni Tangan Kasih Tahap II kepada pekerja formal dan informal sebanyak 4.609 orang/keluarga.

“Tangan kasih kepada pekerja formal dan informal di Papua Barat jumlahnya 52.317. Di Bintuni hari ini untuk tahap kedua, 4609 orang/keluarga mendapat bantuan. Perlu diketahui kita belum bisa menjawab semua karena keterbatasan APBD untuk membantu masyarakat/umat,” Tambah Gubernur.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, Wakil, Bupati Matret Kokop saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati memberikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian pemprov Papua Barat. Tidak terlepas bahwa Pandemi Covid-19 telah berdampak dan membutuhkan perhatian bersama. [kpb_01]

Leave a Comment