Disnakertrans Papua Barat Gelar Rakortek 2024, Pengawasan Ketenagakerjaan Sektor Kemaritiman

MANOKWARI, Pemerintah Papua Barat melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (RAKORTEK) Tahun 2024. Kegiatan dibuka resmi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa., SE, MH, Kamis (25/7/2024).

Membacakan Sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat, ia menyampaikan selamat datang kepada Narasumber dari Kementrian Ketenagakerjaan RI. Selanjutnya memaparkan kemaritiman yang berhubungan langsung dengan pelayaran, perdagangan dan keamanan di laut.

Selain itu dalam melaksanakan aktivitas pada sektor kemaritiman pekerja menjadi unsur penting dalam menunjang produktivitas. Ia juga menyampaikan rakor ini diharapkan para kepala perangkat daerah yang membidangi ketenagakerjaan dapat aktif memberikan arahan sesuai tupoksi sehingga menghasilkan rekomendasi yang bisa menjadi acuan kerja bagi perusahaan.

“Mengingatkan kepada kepala dinas dan pegawai pengawas ketenagakerjaan untum memperhatikan hak-hak pekerja yang telah bekerja pada masa proyek, serta segala prasyarat administrasi ketenagakerjaan dalam setiap pengawasan kerja,” Ujarnya.

Ketua Panitia Kegiatan, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Industrial dan Ketenagakerjaan, Corneles.M Waroromi, SH., MSI melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini melakukan rapat koordinasi guna menjalin kesepahaman tentang pengawasan ketenagakerjaan khusus sektor kemaritiman.

“Menyamakan presepsi setiap OPD teknis khusus sektor kemaritiman untuk menghadiri kesalahpahaman dalam pengawasan ketanagakerjaan,” Terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Papua Barat, sejumlah pimpinan OPD, Direktur Jendral pembinaan pengawasan ketenagakerjaan K3, Kafasharkan TNI-AL, Kepala satuan korps kepolisan perairan dan udara, Kepala BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan cabang manokwari, para pemimpin perusahaan sektor kemaritiman, dan tamu hadirin lainnya.

Leave a Comment