Resmi Membuka Kegiatan Pelatihan Paskibraka 2024, Pj. Gubernur ABT Peringatkan Semangat Perjuangan Kemerdekaan

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, membuka dengan resmi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) tahun 2024.

Upacara berlangsung pada gedung Kwarda kampung Arowi distrik Manokwari Timur, Papua Barat, rabu, ( 24/07/2023 ), sekitar pukul 04 sore WIT, Bertindak selaku pembina upacara, Penjabat Gubernur Ali Baham, di ikuti 36 calon anggota paskibraka 2024.

“Dengan memohon ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa, saya selaku Penjabat Gubernur, secara resmi membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan calon Paskibraka tingkat provinsi Papua Barat tahun 2024,”ucap Pj. Gubernur ABT.

Di kesempatan itu, Pj. Gubernur ABT, mengajak seluruh pihak untuk menengok dan merenung kembali tonggak sejarah perjuangan peregerakan kemerdekaan bangsa Indonesia di masa lalu. Salah satu bentuk perjuangan yang gigih dan perkasa untuk merajut persatuan dan kesatuan komponen pemuda sebagai kekuatan bangsa.

Dari sekilas tonggak sejarah tersebut, kata Pj. Gubernur ABT, bahwa sebagai penerus bangsa dapat menikmati pembangunan berkelanjutan.

“Maka hari ini, dari tempat ini, saya membuka kegiatan pelatihan pasukan paskibraka tingkat provinsi Papua Barat tahun 2024. Hal ini merupakan bentuk implementasi nyata keterlibatan pemuda dalam pelaksanaan pembangunan,”ujar Pj. Gubernur ABT.

Kepada para calon peserta paskibraka Pj. Gubernur ABT, berpesan, agar dapat menjaga kepercayaan yang diberikan sebagai anggota paskibraka. Perjuangan kemerdekan yang ditebus para pejuang dengan nyawa dan darah, sebagai motivasi dan semangat untuk mengisi kemerdekaan.

Sementara kepada para pelatih dan pembina, Pj. Gubernur ABT juga berpesan agar melakukan pelatihan dan pembinaan secara efektif kepada para calon anggota paskibraka.

“Ingat, bahwa kepercayaan yang telah diberikan jangan disia-siakan, kesempatan ini takan terulang kembali lagi. Kepada para pelatih dan pembina, saya berpesan agar membimbing dan melatih adik-adik ini secara efektif sehingga nantinya siap melakasanakan tugas pengibaran bendera pusaka pada upacara kemerdekaan RI ke-79 pada tanggal 17 agustus 2024,”tandasnya.

Hadir dalam upacara ini, jajaran Forkopimda Papua Barat, para pimpinan OPD Papua Barat dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment