Pj. Ketua TP PKK Papua Barat dan TP PKK Manokwari Sukseskan Gernas Tanam Cabai Meriahkan HKG Ke-52 di SP 4

MANOKWARI – Selasa (19/3/2024), Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny. Siti Mardiana Temongmere,SE bersama Ketua TP PKK Kabupaten Manokwari melaksanakan gerakan tanam cabai yang berlokasi di Kampung Udapi Hilir, Distrik Aimasi, SP 4. Agenda yang digagas TP PKK Manokwari itu dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke- 52.

Dijelaskan Pj. Ketua TP PKK, Ny. Siti Mardiana Temongmere,SE, Hari Kesatuan Gerak merupakan perayaan tahunan yang diwarnai capaian dan implementasi program, baik unggulan maupun prioritas. Disamping itu Gerakan tanam cabai dilaksanakan oleh seluruh Tim Penggerak PKK seluruh Indonesia.

Momen tersebut sebelumnya telah dibuka secara resmi oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo tanggal 4 Maret 2024 lalu.

“Diharapkan dengan gerakan ini tercipta kemandirian pemenuhan kebutuhan cabai tingkat rumah tangga. Mengingat cabai merupakan tanaman holtikultura yang buahnya yang diperlukan untuk keperluan aneka pangan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi,” Ujarnya.

Dirinya mengintruksikan jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang mendukung suksesnya gerakan nasional tanam cabai. Hal itu melalui upaya menanam, minimal lima (5) pohon cabai masing-masing pengurus PKK tingkat Kabupaten, Distrik dan kampung sebagai respon pribadi.

“Sebagai informasi, pengurus di tingkat provinsi dan keluarga yang anak-anaknya menjadi asuhan rumah gizi Kasuari telah menanam 5 pohon cabai di halaman masing-masing dengan media pot atau polyback,” Urainya.

Diakhir sambut, ia menyampaikan terimakasih atas dukungan Ketua Tim Penggerak PKK Manokwari beserta jajaran untuk peringatan HGK Ke-52. Sekira 10 program PKK di Kabupaten Manokwari dan terkhusus dasawisma rukun bersama sukses kedepan.

Ketua TP PKK Kabupaten Manokwari Febelina Indou mengungkapkan cabai merupakan komoditas penting untuk masyarakat. Oleh sebab itu melalui program ini dapat memenuhi kebutuhan lokal.

“Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan petani dengan produksi yang lebih besar sehingga harga dapat cenderung stabil,” Terangnya.

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Kabupaten Manokwari dan memberikan apresiasi program kerja dilakukan TP PKK yang sekira membantu pemerintah daerah dari semua aspek hubungan yang baik untuk kolaborasi bersama.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment