Pj. Gubernur Ali Baham Berkunjung Ke Dekranasda, Berharap Kearifan Lokal Seluruh Daerah Di Wilayah Kasuari Jadi Sayembara

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, H. Drs. Ali Baham Temongmere, MTP,  yang ikut didampingi ketua Dekranasda provinsi Papua Barat, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere, SE, seni sore kemarin berkunjung ke kantor Dekranasda yang beralamat di jalan Drs. Esau Sesa.

Sebagai pelindung  Dekranasda, kunjungan orang nomor satu di Papua Barat ini, disambut dengan prosesi injak piring, pengalungan manik-manik dan mahkota.

Dikesempatan itu, Pj. Gubernur Ali Baham, mengajak seluruh pengurus Dekranasda Papua Barat, agar mengetahui secara jelas apa maksud dan tujuan organisasi yang sedang dijalankan, guna menjadikan pedoman dalam menyusun langkah-langkah kerja kedepan.

“Organisasi ini harus hidup, tumbuh dan bermanfaat. Kita harus tau bersama, organisasi ini hadir untuk apa, mengapa sampai ada organisasi ini, siapa-siapa yang mulai memprakarsai organisasi ini dan apa yang ada di pikiran mereka, kemudian kedepan yang mau dicapai organisasi ini apa. Inilah yang kemudian kita hadir dengan melihat latar belakangnya, tujuannya, dan kita akan menyusun langkah-langkah menuju tujuan organisasi ini,”ungkapnya, senin, 4 maret 2024.

Berkaitan dengan itu, Pj. Gubernur Ali Baham yang merupakan putra asli FakFak ini meminta, agar Dekranasda Papua Barat dapat mempelopori sayembara terutama dari sisi batik-membatik.

Dimana batik Papua Barat dapat menyisikan kearifan lokal dan ciri khas setiap masing-masing daerah yang ada di wilayah Kasuari ini.

Selain hasil karya fisik, dalam bentuk cerita rakyat da lagu daerah juga diharapkan Pj. Gubernur, untuk dapat dituangkan dalam setiap karya seni.

“Saya berhatap, kedepan ada semacam ide untuk membuat batik mengikuti perkembangan dengan mengambil motif-motif dari kearifan lokal, misalkan kaimana sedikit, Bintuni, Wondama, Manokwari, FakFak,”jelasnya.

Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere, dalam kesempatan itu, memohon arahan dari Pj. Gubernur, guna menjadi pedoman Dekranasda dalam melaksanakan tugas-tugas melestarikan budaya dan kearifan lokal.

“Saya mohon dukungan semua pengurus, karena saya tidak bisa bekerja sendiri, oleh sebab itu mari kita bersama membawa Dekranasda Papua Barat untuk kedepan menjadi lebih baik. Kami mohon bapak Pj. Gubernur selaku pelindung, untuk memberikan arahannya kepada kami semua, untuk bagaimana langkah-langkah kita selanjut,”ungkapnya.

Kunjungan Pj. Gubernur Ketua Dekranasda Papua Barat, juga sebelumny mendapat ucapan selamat datang dari ketua pelaksana harian Dekranasda, Enos Aronggear.

“Harapan kita kedepan bapak Pj. Gubernur bisa terus berkunjung ke rumah kami, di kantor Dekranasda ini,”ungkap Enos.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment