Kepala Balai Besar TNTC Bersama PHL Wil. XVI Manokwari Temui Pj. Gubernur Papua Barat

MANOKWARI – Rabu (28/2/2024), Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih dan Kepala Balai Pengelolaan Hutan Lestari wilayah XVI Manokwari menemui Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere. Perbincangan merujuk dua poin penting dan tentu dapat dimaksimalkan.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Supartono,S.Hut, MP menjelaskan dalam pertemuan singkat itu melaporkan rencana penyelenggaraan hari bakti rimbawan 16 Maret tahun 2024 mendatang. Disamping itu bakal digelar sejumlah lomba, aksi penanaman, dan kebersihan.

“Beliau sangat menyambut positif dan insyaallah akan menjadi Irup saat upacara hari bakti Rimbawan,” Jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Balai pengelolaan hutan Lestari Wilayah XVI Manokwari, M. Jandi Pinem,S.Hut, M.Si memaparkan hal penting berkaitan dengan perdagangan karbon di Papua Barat. Dirinya optimis dengan potensi yang dimaksimalkan dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah.

Diuraikan saat ini di Papua Barat terdapat sejumlah perusahaan yang mengajukan izin usaha perdagangan karbon. Hal tersebut didasarkan pada kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan tentang multi usaha kehutanan.

“Harus melalui perizinan perusahaan yang usahanya perdagangan karbon, jadi tidak hanya kayu. itu ada jasa lingkungan dan intinya pada saat ini kita mengharapkan potensi yang ada di hutan itu dimaksimalkan dengan baik. Pak Gubernur sangat tertarik karena selain menjaga hutan juga mendapat hasilnya,” Terangnya.

Menanggapi penjelasan tersebut, Pj. Gubernur Ali Baham memberikan respon positif. Dirinya menyatakan jika sesuatu demi kesejahteraan dan mendatangkan pendapatan daerah tentunya patut didukung. Selain itu dapat melibatkan eksistensi Perusahaan Daerah.

“Kita disamping jaga lingkungan juga dapat karbon. Ini bagus dan nanti perusahaan daerah juga masuk disitu,” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment