Pj. Gubernur Ali Baham Ajak Semua Komponen Seriusi Penanggulangan HIV/AIDS

Manokwari- Pemerintah Provinsi Papua Barat Komisi Penanggulangan AIDS melaksanakan kegiatan jalan santai start halaman kantor Kejaksaan Tinggi dan Dinas Lingkungan Hidup Manokwari Papua Barat dengan Finish pada halaman Infokom Manokwari. Jumat (1/12/2023) .

Pj. Gubernur Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP, dalam sambutannya pada halaman Infokom membacakan Laporan Jumlah kasus HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat pada Bulan Januari-Oktober tahun 2023, tercatat sebanyak 969 kasus HIV/AIDS yang ditemukan dan yang telah mendapatakan pengobatan sebanyak 783 orang Jumlah kasus ini secara geografis tersebar pada hampir seluruh wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya dengan banyak kasus yang ditemukan pada kelompok masyarakat umum demikian pula kasus terbanyak ditemukan pada kelompok usia muda umur 20-29 tahun hal ini menggambarkan usia kerja dan angkatan kerja mempunyai resiko dalam mengahadapi ancaman jika tidak adanya usaha penanggulan yang efektif.

“Bulan januari sampai oktober  2023, tercatat sebanyak 969 kasus HIV/AIDS yang ditemukan dan yang telah mendapatakan pengobatan sebanyak 783 orang , jumlah kasus ini secara geografis tersebar pada hampir seluruh wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya dengan banyak kasus yang ditemukan pada kelompok masyarakat umum demikian pula kasus terbanyak ditemukan pada kelompok usia muda umur 20 sampai 29 tahun, hal ini menggambarkan usia kerja dan angkatan kerja mempunyai resiko dalam mengahadapi ancaman jika tidak adanya usaha penanggulan yang efektif” Ujarnya.

Dirinya juga mengajak untuk saling bergandengan tangan dalam upaya penganggulang HIV/AIDS  dengan keterlibatan aksi dari kelompok komunitas dengan pesan suci anatar lain, Peran Aktif Komunitas dalam melakukan perubahan, Berkontribusi dalam mencegah penularan virus HIV/AIDS diorang lain terutama pasangan, manfaatkan teknologi dalam menyebarkan informasi HIV/AIDS dan Ciptakan Generasi bebas Stigma.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua, marilah kita bergandengan tangan dalam upaya penanggulan HIV/AIDS di Provinsi Papua Barat dengan keterlibatan aksi dari kelompok komunitas dengan pesan suci 1. Peran Aktif Komunitas dalam melakukan perubahan 2. Berkontribusi dalam mencegah penularan virus HIV/AIDS diorang lain terutama pasangan 3. manfaatkan teknologi dalam menyebarkan informasi HIV/AIDS 4. Ciptakan Generasi bebas Stigma” Tandasnya.

Turut Hadir Ketua DPR Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Pangkoarmada III, Kajati Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Ketua Pengadilan Tinggu (KPT) Papua Barat dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat.

Penulis : Melisa Tulus

Foto : Fauzan Nurlette

Leave a Comment