Pembukaan FGD Focal Point Pegarusutamaan Gender Provinsi Papua Barat 2023

Manokwari- membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Focal Point Pegarusutamaan Gender Provinsi Papua Barat 2023, Pj. Gubernur Papua Barat Komjen pol (purn) Paulus Waterpauw, M.Si yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Elsina Y. Sesa. S.Sos. M.M. meyambut dengan bangga para peserta yang hadir.

Kegiatan yang berlangsung pada salah satu hotel di Manokwari ini adalah upaya untuk menyatukan persepsi tentang pembangunan berbasis gender melalui kesepahaman analisis Program juga Kegiatan yang di laksanakan di masing-masing OPD yang merupakan bagian dari Program Kegiatan yang berbasis gender. Selain itu, juga akan dilakukan mapping Program dan Kegiatan sebagai dasar dalam rangka mendapatkan informasi tentang Anggaran Responsif Gender yang diakomodir dalam Pelaksanaan Program Kegiatan di Tahun Anggaran 2023.

Sebelumnya, dalam mewujudkan implementasi Pengarusutamaan Gender tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat telah menyusun Aplikasi Sistem Informasi yang diberi nama System Aplikasi SI-PANDE (Sistem Informasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender).

Elsina Sesa yang membacakan sambutan Pj. Gubernur Papua Barat berharap Si-Pande dapat berguna bagi tiap OPD di Provinsi Papua Barat,
“Kami sangat berharap setelah penyusunan Aplikasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender ( Si-Pande ), akan memudahkan perangkat daerah dalam menganalisis Program berbasis gender di masing-masing perangkat daerah dan sekaligus mendapatkan informasi terkait berapa besar Anggaran Berbasis Gender di Provinsi Papua Barat yang merupakan salah satu informasi yang akan disampaikan pada Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah ( LPPD ) setiap tahun anggaran” terang Sesa.

Hadir dalam kegiatan itu, sektor terkait diantanya Bappeda, Inspektorat, BPKAD, juga instansi lain di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat. FGD Focal Point Pegarusutamaan Gender Provinsi Papua Barat tahun 2023 akan berlangsung selama dua (2) hari, mulai Jumat (01/09/2023) hingga Sabtu (02/09/2023).

Penulis : Maria

Leave a Comment